Wisatawan Asing Jadi Juri Pawai Ogoh Ogoh di Kuta

|

Foto: (dok okezone)

Wisatawan Asing Jadi Juri Pawai Ogoh Ogoh di Kuta

DENPASAR – Ada yang berbeda dalam pawai ogoh ogoh di Kuta, Bali, pada tahun ini. Jika selama ini wisatawan asing hanya menjadi penonton pawai, kali ini mereka justru menjadi juri untuk menilai ogoh ogoh mana, yang paling disukai atau menarik.

Mengambil start di Ground Zero, Jalan Legian Bali, pawai ogoh ogoh, atau patung raksasa dari kertas dan bambu ini diikuti 13 peserta dari seluruh banjar di Kuta.

Sebagian besar, kreasi masing-masing banjar menampilkan 'butakala' atau lambang kekuatan jahat.

Iring-iringan ogoh ogoh ditingkahi musik bleganjur, peserta berjalan kaki, di sepanjang jalan Raya Kuta tepatnya di depan Pura Desa Kuta.

"Pawai ogoh ogoh dimulai pukul jam 19.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita," jelas tokoh adat Kuta, Dewa Gede Mayun, Senin (11/3/2013).

Rute pawai ogoh ogoh mulai dari Ground Zero, Kuta menuju Jalan Raya Kuta, melewati Jalan Singosari, bergerak menuju Pantai Kuta, sebelum kembali ke Ground Zero, Kuta.

Atraksi budaya setahun sekali ini, menjadi daya tarik minat wisatawan asing dan domestik yang membaur, bersama warga lainnya di sepanjang rute yang dilewati rombongan pawai .

"Sebelumnya, pawai ogoh ogoh di Kuta dinilai panitia sebagai juri, namun sekarang akan dinilai tim juri dari penonton khususnya wisatawan asing," katanya menambahkan.

Wisatawan asing yang menilai masing-masing mendapat kupon yang sudah disebar hingga ratusan buah.

"Setiap wisatawan asing mendapat kupon untuk memilih ogoh ogoh yang mereka sukai," imbuhnya.

Desa Adat Kuta tidak mengeluarkan kriteria khusus, untuk wisatawan asing yang akan memilih dan menilai ogoh ogoh.

"Wisatawan asing memiliki hak sama memilih dan ogoh ogoh yang paling banyak disukai dan dipilih akan keluar sebagai pemenangnya," tegas Mayun yang Penglingsir Puri Satria Dalem Kaleran Kuta.

Guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas, kepolisian dibantu satuan pengaman desa adat atau pecalang, menutup Jalan Legian dan sebagian jalan Raya Kuta.

(ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemulung Tewas Tertimpa Pohon di Bekasi