Unpad Integrasikan Jalur Mandiri dengan SBMPTN

Ilustrasi: ist.

Unpad Integrasikan Jalur Mandiri dengan SBMPTN
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 sudah ditutup akhir pekan lalu. Kini saatnya PTN-PTN di Tanah Air bersiap menghelat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi masuk Jalur Mandiri.

Di Universitas Padjadjaran (Unpad), seleksi Jalur Mandiri dikenal dengan sebutan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Seleksi ini diselenggarakan untuk jenjang sarjana (S-1).

Menurut Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS, keberadaan seleksi Jalur Mandiri di tiap PTN sesuai dengan Permendiknas No. 34 Tahun 2010. Pasal 6 undang-undang tersebut menyebutkan, PTN paling banyak 40% menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau 60% melalui jalur nasional.

"Unpad melaksanakan sepenuhnya Permen itu dengan menerima 60% jalur nasional SNMPTN atau jalur prestasi (undangan), dan menerima 40% mandiri yang dilaksanakan melalui SBMPTN," kata Engkus, seperti dilansir laman Unpad, Senin (11/3/2013).

Jalur SMBPTN akan menyeleksi calon mahasiswa melalui ujian tulis yang diselenggarakan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Tanggal pasti pelaksanaan SBMPTN masih menunggu pengumuman Mendikbud M Nuh pada 16 Maret mendatang. Diperkirakan, mulai April 2013, siswa SMA dan alumni yang berminat bisa mulai mendaftar SBMPTN 2013.

Tahun ini, menurut Engkus, Unpad menyediakan 3.733 kursi bagi mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Kuota ini termasuk 900 orang penerima Bidikmisi. Sedangkan dari jalur SBMPTN, Unpad akan menerima 2.010 mahasiswa baru. Selain itu, program affirmative action "Unpad Nyaah ka Jabar" hanya akan diberlakukan untuk jalur SNMPTN. Hingga 8 Maret sore, tercatat lebih dari 49 ribu orang pendaftar Unpad dari wilayah Jabar. (rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Wakil Rakyat dari Golkar Mengaku Dicabuli Sesama Anggota Dewan