6 RSUD Mulai Memperbanyak Ruang Perawatan Kelas III

|

Rumah Sakit Harapan Kita (Foto: Isna/Okezone)

6 RSUD Mulai Memperbanyak Ruang Perawatan Kelas III

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mulai mengubah ruangan perawatan kelas II di enam rumah sakit di Jakarta menjadi kelas III. Langkah ini dimaksudkan untuk menampung pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan, sejak diperintahkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, pihaknya langsung memperbanyak ruangan bagi pasien KJS.

"Hingga saat ini setidaknya ada 350 tempat tidur yang semula kelas II telah diubah menjadi kelas III. Sehingga diharapkan bisa menambah ruang bagi pasien KJS yang sangat membutuhkan ruangan kelas III tersebut," Ujar Dien, Selasa (12/3/2013).

Dien mengatakan, penambahan tempat tidur kelas III ini tidak hanya berhenti pada enam rumah sakit. Tahun ini Dinkes DKI Jakarta juga berencana menambah tempat tidur di RSUD Koja sebanyak 400 tempat tidur.

Dien menambahkan, pembangunan RSUD di Jakarta Selatan yang akan dimulai tahun ini juga bisa menambah kapasitas, termasuk menyediakan sebanyak 453 tempat tidur kelas III.

"Kita akan membangun RSUD di Jaksel yang akan dimulai tahun ini. Selain itu, sebanyak 210 tempat tidur yang berada di puskesmas rawat inap juga bisa digunakan oleh pasien. Sebelumnya Jokowi memang menginstruksikan 75 persen tempat tidur kelas II bisa dijadikan kelas III. Hal tersebut dilakukan karena melihat lonjakan pasien pengguna KJS yang mencapai 70 persen," Tuturnya.

Dinkes DKI Jakarta mencatat dari 92 rumah sakit sebagai penyedia layanan KJS terdapat 6.818 tempat tidur. Jumlah itu terdiri dari 4.052 tempat tidur di rumah sakit pemerintah dan 2.766 tempat tidur di rumah sakit swasta. Untuk perawatan khusus bagi pasien atau ruang ICU di seluruh rumah sakit yang melayani KJS sebanyak 92 tempat tidur dan 143 NICU.  

Dengan banyaknya ruangan kelas III, kasus bayi Dera Nur Anggraini dan Ana Mudrika (14) yang meninggal karena terlambat mendapat perawatan lantaran terbatasnya ruangan kelas III dan minimnya peralatan yang memadai, diharapkan tidak akan terulang.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    JK Ajak Imam Besar Masjidil Haram Keliling Istiqlal