Korban Letusan Gunung Rokatenda Terancam Kelaparan

SIKKA - Lebih dari 1.000 warga Desa Nitunglea, Kecamatan Plue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), korban letusan Gunung Rokatenda, terancam kelaparan. Mereka kini ditampung di beberapa pos pengungsian.

Sampai saat ini, para pengungsi belum menerima bantuan dari Pemkab Sikka, salah satu alasannya akses jalan menuju desa tersebut putus total.

Berdasarkan data dari posko setempat, saat ini ada 232 kepala keluarga atau 1.032 jiwa warga Desa Nitunglea yang mengungsi. Selain kekurangan bahan makanan, fasilitas air bersih di lokasi juga sangat minim.

Letusan Gunung Rokatenda menyebabkan hujan abu yang menyelimuti seluruh permukiman di Desa Nitunglea. Pada Selasa, 12 Maret 2013 sore, Gunung Rokatenda kembali meletus.

Maria Muda, warga Nitunglea, Rabu (13/3/2013), mengaku sudah dua hari tinggal di pos pengungsian. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, dia dan pengungsi lainnya meminta makanan dari warga yang tinggal di sekitar pos pengungsian.

Meski demikian, pasokan makanan dari warga sekitar masih sangat kurang. Rata-rata pengungsi hanya makan satu kali sehari. Selain itu, pengungsi juga mengeluhkan minimnya air minum. Anak-anak paling merasakan dampak dari minimnya bantuan ini.

Para pengungsi berharap, pemkab bisa mengupayakan bantuan sampai ke Nitunglea.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Putri Jokowi Terlambat Tes CPNS