Daftar Haji Sekarang, Berangkat 20 Tahun Lagi

|

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 20 Tahun Lagi

MAJENE - Daftar tunggu calon jemaah haji di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada 2013 semakin panjang. Masyarakat yang mendaftar tahun ini sepertinya baru bisa berangkat 20 tahun mendatang.

 

Bagaimana tidak, jika pemberangkatan haji merujuk pada aturan sebelumnya yakni 1/1.000 jumlah penduduk, maka kuota haji tahun ini hanya sekira 122 orang.

 

“Kouta ini sesuai dengan jumlah penduduk Majene yang telah diserahkan ke KPU yakni sebesar 122.237 jiwa,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah Kementrian Agama (Kemenag) Majene, H Sufyan Mubarak.

 

Selain itu, kuotanya pun ikut menurun, di mana kuota jemaah haji yang berangkat pada tahun lalu yakni sebanyak 250 orang. Dari jumlah itu, berkurang sekira 128 orang.

 

Menurut Sufyan, jika merujuk pada aturan tersebut, kuota haji berkurang drastis. Namun demikian, ia berharap kuota haji tetap sama seperti tahun sebelumnya, bahkan ada penambahan kuota.

 

Sehingga, lanjut Sufyan, daftar tunggu haji bisa lebih cepat atau hanya 10 tahun bagi masyarakat yang baru mendapat nomor porsi tahun ini. Sebab, jumlah daftar tunggu haji yang sudah mendapat nomor porsi saat ini mencapai 2.400 orang.

 

“Mudah-mudahan kuota tidak berkurang, malah semakin bertambah, sehingga masyarakat yang ingin menunaikan rukun Islam kelima ini bisa segera terwujud,” tutur Sufyan.

 

Lebih lanjut Sufyan menyatakan, faktor yang memicu lamanya waktu tunggu seseorang berangkat haji karena tingginya minat masyarakat untuk ibadah haji.

 

Pemerintah mencoba mempersingkat jadwal daftar tunggu dengan menaikkan jumlah setoran dari Rp20 juta menjadi Rp25 juta, namun yang terjadi bukan semakin pendek, malah semakin panjang.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Warga Sekitar Gunung Gamalama Pilih Tetap Bertahan