Konsentrasi Gas Beracun Dieng Meningkat, Permukiman Masih Aman

|

Konsentrasi Gas Beracun Dieng Meningkat, Permukiman Masih Aman

BANJARNEGARA - Konsentrasi gas beracun Kawah Timbang, Gunung Dieng, di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus meningkat. Warga diimbau tidak beraktivitas di radius 500 meter dari bibir kawah.

Berdasarkan pengamatan tim pemantau Gunung Dieng pagi tadi di jarak 100 meter dari bibir kawah, menunjukkan konsentrasi gas CO2 mencapai 2,4 persen volume. 

Kadar CO2 meningkat drastis karena sehari sebelumnya volume CO2 berada di angka 0,7 persen. Sedangkan ambang batas normal yakni di bawah 0,5 persen. Beruntung, jangkauan gas beracun, yakni sepanjang 200 meter dari kawah, masih jauh dari pemukiman penduduk.

“Konsentrasi gas pada pagi ini mencapai angka tertinggi hingga 2,4 persen volume. Ada luncuran gas ke arah selatan, Lembah Kali Sat, tapi masih jauh dari permukiman,” ujar Kepala Pos Pemantau Gunung Dieng, Tunut Pujiarno, di lokasi, Rabu (13/3/2013).

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari pos pengamatan di Desa Karang Tengah, tidak ada aktivitas kegempaan dari pagi hingga siang ini.

Seperti diberitakan, status Gunung Dieng yang sebelumnya Normal dinaikkan menjadi Waspada pada Senin, 11 Maret 2013 malam sekira pukul 21.30 WIB. Dieng menjadi gunung ke-18 di Indonesia yang kini berstatus Waspada. (ris)

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati