Bupati Bogor Rachmat Yasin Jadi Tersangka

|

Bupati Bogor Rachmat Yasin. (Foto: kapd.bogorkab.go.id)

Bupati Bogor Rachmat Yasin Jadi Tersangka

DEPOK - Polres Depok menetapkan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran Pemilukada Jawa Barat. Status tersangka ditetapkan setelah polisi memeriksa Rachmat sejak 11 Maret 2013.

Kasat Reskrim Polres Depok yang kini menjadi Kanit II Resmob Polda Metro Jaya Kompol Febriansyah mengatakan Rachmat diperiksa di Polres Depok atas laporan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor. Sejauh ini Rachmat diduga melakukan pelanggaran pemilu dengan melakukan kampanye ilegal di Kecamatan Bojong Gede, Bogor.

"Diperiksa hari Senin dan sudah jadi tersangka, kalau pejabat kan harus ada surat cuti, tapi dia tidak cuti," katanya kepada wartawan, Rabu (13/03/2013).

Febriansyah memastikan semua berkas pemeriksaan sudah lengkap. Bahkan, berkas kasusnya sudah dikirim ke Kejaksaan Negeri Depok untuk diperkarakan. Rachmat melanggar undang-undang pemilu nomor 32 tahun 2004 pasal 116 ayat 4 junto pasal 880 tentang kampanye di luar jadwal. "Berkas sudah kami kirim ke Kejari Depok," tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Kota Depok Sutarno juga membenarkan pemeriksaan itu. "Iya saya mendampingi saja. Kalau masalah pelanggarannya ke Panwaslu Kabupaten Bogor, saya tidak bisa menjelaskan, itu kewenangan Bogor," katanya.

(hol)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dituduh Kumpul Kebo, Pasangan Ini Dipukuli Warga