Rakor Partai NasDem Ricuh, Foto Surya Paloh Dibakar

|

Pengurus DPD NasDem Pasuruan membakar atribut partai (Foto: Jaka S/Sindo TV)

Rakor Partai NasDem Ricuh, Foto Surya Paloh Dibakar

PASURUAN - Rapat koordinasi Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, berakhir ricuh. Pengurus partai serentak mengundurkan diri dan membakar gambar Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Kericuhan bermula saat pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan mengumumkan mengundurkan diri secara tidak terhormat. Pengunduran diri secara massal itu seketika membuat gaduh rakor pemantapan pencalegan di Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, di Jalan Raya Pasuruan–Probolinggo, tepatnya di Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso.

Selanjutnya pengurus DPD yang berjumlah 50 orang lebih serta 24 pengurus DPC melepas pakaian seragam partai lalu dimasukan ke tempat sampah. Mereka juga menggunting kartu tanda anggota (KTA) masing-masing.

Suasana semakin memanas saat beberapa orang yang emosi merusak dan membakar pimpinan Partai NasDem, Surya paloh. Selain itu baliho dan atribut parpol dengan nomor urut satu itu juga dibakar, sebagai simbol matinya demokrasi di internal partai.

Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas, setelah Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan, Ayub Abubakar, diberhentikan oleh DPP tanpa alasan jelas. Padahal, Ayub dikenal mempunyai kontribusi besar terhadap NasDem di Jawa Timur, hingga lolos verifikasi parpol ke ajang pemilu.

“AD/ARTad partai tidak jelas dan cenderung otoriter. Kami menyatakan mengundurkan diri, meski sudah mendaftar sebagai bakal calon legislator melalui partai ini,” kata Ayub, Sabtu (16/3/2013).

Sementara itu, Wakil ketua DPW Partai Nasden Jatim, Aminurokhman, mengatakan, mundurnya kepungurusan di DPD Kabupaten Pasuruan bukan menjadi permasalahan mendasar. Pasalnya, partai akan melakukan perekrutan besar-besaran untuk membentuk kepengurusan baru, mengingat deadline pendaftaran bacaleg di KPUD Pasuruan sudah mepet.

Ndak ada masalah kami akan restorisasi kepengurusan,” ujar Aminurokhman.

Mundurnya para pengurus itu mengakibatkan kepengurusan DPD Partai Nasdem Kabupaten Pasuruan vakum. 

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Anies Didesak Stop Kurikulum 2013