Kuasai Gudang Senjata, Oposisi Suriah Rebut Roket Iran

|

(Foto: newsyahoo)

Kuasai Gudang Senjata, Oposisi Suriah Rebut Roket Iran

DAMASKUS - Oposisi Suriah berhasil menguasai gudang senjata pemerintah yang ada di kota Allepo. Keberhasilan itu membuat pihak oposisi dapat menambah jumlah persenjataannya yang hingga kini terbatas.

"Militan oposisi berhasil menguasai gudang senjata di Desa Khan Toman yang terletak di wilayah Allepo bagian selatan, kesuksesan itu diraih setelah bertempur selama tiga hari lamanya," sebut seorang militan oposisi, seperti dikutip AFP, Minggu (17/3/2013).

"Ini senjata-senjata milik rezim Assad, ini roket kaliber 107 mm buatan Iran, tentara pemerintah seringkali menyerang kami dengan roket ini," ujar militan oposisi lainnya dalam sebuah video yang disebar di internet.

Selama ini Oposisi Suriah sering mengeluhkan kurangnya persenjataan yang mereka miliki. Kondisi itu berbanding terbalik dengan pasukan pemerintah yang melawan oposisi dengan persenjataan lengkap dan kendaraan tempur.

Di saat yang hampir bersamaan, kelompok oposisi mengabarkan pemerintah Suriah melancarkan serangan roket ke basis oposisi di wilayah Damaskus dan Homs. Serangan tersebut menyebabkan wraga di wilayah tersebut mengungsi untuk menghindar dari ancaman roket.

PBB menyatakan jumlah warga yang mengungsi keluar dari wilayah Suriah kini telah mencapai satu juta orang. Jumlah itu tidak termasuk warga yang terlantar di dalam wilayah Suriah.

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    90 Ribu Surat Tilang Beredar Selama Operasi Zebra