Paus Fransiskus Sempat Cium Kaki Mantan Pemakai Narkoba

|

Paus Fransiskus. (Foto: AP)

Paus Fransiskus Sempat Cium Kaki Mantan Pemakai Narkoba

VATIKAN - Kabar mengenai dukungan Paus Fransiskus terhadap kaum yang terpinggirkan kembali muncul. Kali ini sang Paus diceritakan sempat mencuci dan mencium kaki mantan pemakai narkoba saat masih menjadi kardinal di Argentina.

Cerita tersebut dimulai saat seorang pastor bernama Gustav Carrara ingin mendirikan pusat rehabilitasi narkoba di sebuah pemukiman kumuh yang ada di Kota Buenos Aires, Argentina. Carrara pun meminta bantuan dari Paus Fransiskus yang saat itu masih dikenal sebagai Kardinal Jorge Borgeglio.

Dengan bantuan sang kardinal, pusat rehabilitasi itu pun dapat didirikan tanpa banyak kesulitan. Paus Fransiskus juga menunjukkan dukungannya dengan melakukan kunjungan ke pusat rehabilitasi itu. Dalam kunjungannya itulah, ia mencuci dan mencium kaki para mantan pemakai narkoba yang ada di sana.

"Di tempat lain, tindakan Kardinal Bergoglio itu mungkin dianggap aneh, tapi di sini kami sudah menganggapnya sebagai hal yang biasa," ujar Pastor Carrara, seperti dikutip Sky News, Minggu (17/3/2013).

Cerita soal sikap sederhana dari Paus Fransiskus memang banyak bermunculan semenjak ia terpilih menjadi pemimpin umat Katolik yang baru. Padahal sebelumnya, pria berusia 76 tahun itu sama sekali tidak diunggulkan saat pemilihan Paus berlangsung.

Walaupun menyatakan akan terus mendukung kaum miskin, Paus Fransisikus juga harus menghadapi masalah-masalah lainnya yang kini mendera Vatikan, di antaranya skandal pelecehan seks yang dilaporkan terjadi di dalam gereja dan reformasi birokrasi Vatikan yang dituduh korup.

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menunggu Hasil Akhir Program Nuklir Iran