Gurauan Paus Fransiskus dalam Misa Perdana

|

Foto : Paus Fransiskus I (AP)

Gurauan Paus Fransiskus dalam Misa Perdana

ROMA - Paus Fransiskus I menyampaikan misa perdananya di depan ribuan umat Katolik yang berkumpul di Lapangan Basilika Santo Petrus. Paus pun menunjukan rasa humornya di depan ribuan warga Katolik.

Pria berusia 76 tahun itu tersenyum dan melambaikan tangannya ke para umat Katolik. Paus pun berbicara dengan bergurau ketika membahas masalah penunjukan Pemimpin Gereja Katolik pada pekan lalu.

Pada malam harinya, Paus Fransiskus juga dikabarkan tertawa terbahak-bahak ketika sedang berbicara dengan seorang wartawan Italia lewat telepon. Wartawan itu bertanya kepada paus, apakah dirinya harus memanggil paus dengan nama "Bapak Suci" (panggilan umum paus), ketimbang memanggilnya hanya dengan sebutan "Bapak."

"Paus Fransiskus sangat santai dan perilakunya pun sama ketika berada di depan publik, maupun secara pribadi. Paus baru itu sangat natural dan memutuskan untuk terus menjadi diri sendiri," ujar seorang pengamat Vatikan, seperti dikutip AFP, Senin (18/3/2013).

Saat Fransiskus berbicara di Basilika Santo Petrus, dirinya bercanda sambil menyinggung buku karangan seorang kardinal asal Jerman, Walter Kasper. Paus juga bercerita tentang seorang perempuan Argentina yang sempat mengatakan kepadanya bahwa bila Tuhan tidak menghapuskan dosa, maka dunia tidak pernah ada.

"Saya merasa saya bertanya kepadanya, apakah Anda mempelajari Gregorian?" ujar Paus sambil bercanda.

Universitas Kepausan Greogrian di Roma merupakan sebuah institusi pelatihan bagi seorang pemuka agama Katolik yang diurus oleh seorang pemuka agama asal Ordo Jesuit. Ordo itu merupakan ordo yang sama dengan Paus Fransiskus I.

Seperti diketahui, Fransiskus bukanlah paus pertama yang gemar bercanda. Beberapa paus di abad pencerahan seperti Paus Alexander VI juga merupakan sosok humoris. Paus Benediktus XIV pun dianggap sebagai seorang yang sering iseng, begitu juga dengan Paus Yohanes pertama.

(AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Innova vs Taksi di Jalan MT Haryono