Modal Seragam Polisi, Remaja Ini Kelabui Korbannya

|

Ilustrasi

Modal Seragam Polisi, Remaja Ini Kelabui Korbannya
BANDUNG - Berbekal seragam polisi dan Facebook, seorang remaja berusia 17 tahun di Kota Bandung, Jawa Barat, mengelabui sejumlah korban. Aksi tersebut sudah dilakukan pelaku selama empat bulan terakhir. Motif pelaku, SA, mengajak kopi darat targetnya yang rata-rata perempuan, lalu meminjam uang atau barang-barang milik korban.

Kapolsekta Bojongloa Kidul, Kompol Herryanto, mengatakan, setiap menemui korbannya, pelaku mengaku sebagai anggota Satlantas Polres Bandung. Pelaku yang sehari-hari bekerja sebagai sekuriti itu juga mengenakan seragam polisi.

“Dengan berpakaian ala anggota polisi berpangkat briptu pura-pura pinjam barang dari korbannya. Namun, barang-barang tersebut tidak dikembalikan,” terang Herryanto kepada wartawan, Senin (18/3/2013).

Pelaku meminjam uang atau barang-barang korban dengan alasan untuk keperluan pekerjaan karena mendapat perintah dari atasan. Dia berjanji akan mengembalikan, tapi nyatanya barang-barang tersebut dijual dan pelaku meninggalkan korban begitu saja.

SA ditangkap dari laporan korban berinisial AS yang mengaku mengalami kerugian Rp2,3 juga akibat dikelabui pelaku. “Kami melakukan penyelidikan dan akhirnya menangkap tersangka di Terminal Leuwipanjang. Penangkapan itu berkat jebakan yang kami lalukan terhadap tersangka,” katanya.

Sementara itu, SA mengaku nekat melakukan kejahatan lantaran terdesak kebutuhan ekonomi. Baju tersebut dibelinya dari sebuah toko dengan harga Rp300 ribu. "Saya pakai itu biar pede dan korban percaya kalau saya polisi,” tutur SA.

Bersama tersangka, polisi turut mengamankan barang bukti sebuah seragam polisi berlogo Bareskrim Mabes Polri dan Polda Jabar, celana, sepatu PDL, dan atribut polisi lainnya. Tersangka dijerat Pasal 378 jo 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman penjara maksimal empat tahun. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    BJ Habibie Dirawat di RSPAD Gatot Subroto