800 Bacaleg PAN Ikuti Tes Psikologi

|

Ilustrasi

800 Bacaleg PAN Ikuti Tes Psikologi

JAKARTA - Sebanyak 800 bakal calon anggota legislatif (bakal caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN), mengikuti tes psikologi untuk jadi caleg DPR RI yang akan diusung pada Pemilu 2014. Diantara para bacaleg PAN ini berasal dari kalangan artis dan atlet.

Mereka yang turut serta dalam psikotest yang digelar di Kantor DPP PAN itu diantaranya, mantan atlet tenis nasional Yayuk Basuki, kalangan artis terdapat Desi Ratnasari, Eko Patrio, Diky Darmawan, dan Hengky Kurniawan.

Salah satu bakal caleg PAN yang juga mantan atlet juara Olimpiade, Yayuk Basuki, maju sebagai caleg PAN dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) I. Dia menuturkan, seleksi bakal caleg yang dilakukan PAN benar-benar transparan bagi seluruh bakal caleg.

“Saya lihat proses ini bagus, tidak ada pembedaan antara yang satu dengan yang lain, tes ini juga tentunya semakin mengakrabkan pertemanan dan kesatuan caleg PAN, apapun hasilnya saya akan terima,” ujar Yayuk dalam keterangannya, Rabu (20/3/2013).

Semetara itu, Ketua harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional PAN, Putra Jaya, mengungkapkan dari 800 orang nantinya bakal disaring menjadi 560 orang untuk dimasukan dalam Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS).

“Tadinya ada 900 orang yang daftar, tapi yang menyerahkan dokumen untuk mengikuti tes kompetensi, atau yang mengembalikan dokumen 800 nanti dipilih 560 sesuai dengan jumlah kursi di Senayan,” kata Putra Jaya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Fraksi PAN DPR, Teguh Juwarno. Menurutnya, tes piskologi ini bertujuan melihat tingkat kompetensi dan kepribadian para calon. Sehingga, para caleg yang akan diusung PAN dalam Pemilu 2014 benar-benar berkualitas.

Kemudian, yang paling ditekankan dari para caleg PAN ialah yang benar-benar bebas narkoba. Mereka pun nantinya akan meneken Pakta Integritas untuk tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

“Kita bertekad mempersiapkan bakal caleg yang jauh lebih serius, sehingga caleg-caleg yang akan ditawarkan kepada publik dalam pemilu nantinya benar-benar caleg yang memiliki integritas dan mumpuni,” kata Teguh.

(ydh)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perempuan Korban Kekerasan di Medsos Disarankan Lapor