Komodo KBS Ditukar dengan Eland Taman Safari

|

Eland di KBS (Dok: Andreas Wicaksono/Sindo TV)

Komodo KBS Ditukar dengan Eland Taman Safari

SURABAYA - Kebun Binatang Surabaya (KBS) mendapat tambahan satwa dari Taman Safari Indonesia (TSI) II, Prigen, Malang, Jawa Timur, yakni dua ekor eland atau sejenis antelop. Dua eland tersebut ditukar dengan komodo KBS.

Dua binatang endemik Afrika bejenis kelamin jantan dan betina itu tampak sehat dan tidak menunjukkan gejala stres.

Ivan Chandra, dokter TSI II Prigen, Kamis (21/3/2013), mengungkapkan, eland betina diduga kuat sedang bunting. Tiga bulan lalu, eland betina itu kawin dengan pejantan lain di TSI II Prigen. Bila benar bunting, maka diperkirakan akan melahirkan pada September 2013. Eland jantan berumur lima tahun dan yang betina empat tahun.

Tim dokter hewan KBS akan terus memantau kondisi dua eland tersebut selama masa karantina sebulan. Tim akan memantau perilaku, nafsu makan, kesehatan, dan tingkat stres eland. Dua eland itu menempati kandang bekas bison.

Athanasius Warsito, Humas KBS, menjelaskan, beberapa hari mendatang, pihaknya kembali akan kedatangan beberapa satwa Afrika dari TSI II Prigen.

KBS dan TSI Prigen II melakukan pertukaran hewan. Hewan dari KBS yang ditukar adalah komodo. Jumlah komodo di KBS sudah mencapai 60 ekor lebih dan dianggap sudah kelebihan.

Sementara itu, terkait izin konservasi KBS yang masih dibekukan Kementerian Kehutanan, Warsito membenarkannya. Namun, dia menegakan hal itu tidak berpengaruh kepada pertukaran hewan antara KBS dan TSI.

Selama masa pembekuan, KBS hanya dilarang bertukar hewan dengan kebun binatang dari luar negeri.

Hingga saat ini, koleksi satwa KBS mencapai sekira 4.030 ekor.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ahok Tak Segan Pecat PNS Nakal