Tips Ciamik Hary Tanoe Jadi Pengusaha Handal

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo. (Foto: Achmad Aris/Okezone)

Tips Ciamik Hary Tanoe Jadi Pengusaha Handal
DENPASAR - Siapapun bisa menjadi pengusaha. Namun, untuk ukuran kesuksesan tergantung dari masing-masing individu yang menjalankannya.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo pun berbagi sedikit tips dan triknya untuk bisa memulai menjadi seorang enterpreneur (wirausaha) handal.

"Kalau menjadi pengusaha, harus jelas dahulu tujuan atau bidang yang mau dicapai," ucap pria yang akrab disapa HT, di depan para mahasiswa mahasiswa Udayana, di Kampus Unud, Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, tanpa arah dan tujuan jelas dalam menentukan sebuah bidang usaha yang mau digarap, maka akan sulit merealisasikannya. Untuk itu, harus fokus dalam usaha serta tidak terpengaruh dengan pihak-pihak lain yang sampai menyebabkan berpindah usaha.

Hary Tanoe juga mengaku, sebagai pengusaha harus juga menguasai bidang usaha yang sudah dilakoni secara detil. Tak kalah penting, seorang pemimpin alias CEO juga harus berfikir positif, serta berani mengambil keputusan cepat dan tepat.

"Penting membangun nilai-nilai kedisiplinan, jangan gampang menyerah atau putus asa karena itu penting sebagai modal seorang pengusaha ketika menghadapi banyak masalah," tuturnya. (ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hari Ini, JK Berkantor di Veteran