Kemenkumham: Penyerang LP Cebongan Diduga Oknum Kopassus

|

Pasukan Brimob Polda DIY amankan LP Cebongan (Foto: Prabowo/Okezone)

Kemenkumham: Penyerang LP Cebongan Diduga Oknum Kopassus
JAKARTA - Dirjen Keamanan dan Ketertiban (Dir Kamtib) Kementerian Hukum dan HAM, Wibowo Joko, menduga gerombolan bersenjata yang menyerbu Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, DIY, adalah oknum anggota TNI dari satuan Kopassus.

“Kondisi sedang diidentifikasi dari Labfor Polda DIY dan Denpom DIY,” kata Wibowo dihubungi Okezone, Sabtu (23/3/2013).

Kuat dugaan pelaku penyerangan adalah oknum anggota Kopassus lantaran motif dendam. Pasalnya, empat orang yang meninggal di Lapas Sleman itu merupakan tersangka pembunuhan anggota Kopasus, Sertu Santosa, di Hugo's Cafe, Jalan Adisucipto KM 8,5 Maguwoharjo, Depok, Sleman pada Selasa, 19 Maret.
"Awalnya itu minggu lalu ada kejadian keributan di café Jogja, ternyata salah satu anggota Kopasus tertusuk dan meninggal dalam keributan itu. Dan yang menusuk adalah mantan anggota polisi yang kemudian dititipkan di Lapas Sleman," ujarnya.

Namun, pihaknya mengaku kesulitan mencari bukti dan saksi, sebab pelaku penyerangan yang diduga mencapai 20 orang (Polda DIY menyebut 17 orang) itu menggunakan cadar dan mengambil rekaman CCTV di lapas.

“Mereka mengambil CCTV dan menggunakan cadar,” paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman, dini hari tadi diserbu belasan orang bersenjata laras panjang. Dalam penyerbuannya, kelompok itu merusak kamera pengintai (CCTV) dan menganiaya sipir lapas.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janji Jokowi Mulai Ditagih