Todung Mulya Lubis Diusir dari DPR

|

Ilustrasi (Foto: dok Okezone)

Todung Mulya Lubis Diusir dari DPR

JAKARTA- Adu mulut sempat mewarnai rapat antara Badan Legislasi (Baleg) DPR dengan Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) yang membahas tentang Rancangan Undang-undang (RUU) Advokat. Keributan itu melibatkan Ikadin dari dua kubu, yakni kubu Todung Mulya Lubis dan kubu Otto Hasibuan.

Baru saja rapat digelar, kubu Otto seolah tidak terima dengan kehadiran dari Todung. "Saya mau pertanyakan alasan Pak Todung hadir dalam rapat ini? Sangat naif rasanya organisasi advokat dipimpin bukan advokat. Terlepas Todung sah atau tidak, dia sudah bukan advokat," kata Sekretaris Ikadin, Adardam Achyar, dalam rapat tersebut, Senin (25/3/2013).

Tak mau kalah, Todung pun langsung menjawab pernyataan Adardam tersebut. "Saya ini juga bagian dari advokat," tegas Todung.

Tidak hanya itu, kedua kubu tersebut lantas terlibat saling ejek. Bahkan, kubu Otto berteriak agar pimpinan rapat mengeluarkan Todung sembari menggebrak-gebrak meja. "Keluar, keluar," teriak mereka.

Todung pun seolah tak peduli dengan teriakan tersebut. Dia tetap melanjutkan pemaparanya terkait RUU Advokat. Todung menolak rencana RUU Advokat yang akan mengatur penyatuan seluruh organisasi advokat dalam satu badan. "Dari sejarahnya, advokat di Indonesia itu tidak pernah bisa bersatu. Wartawan saja tidak hidup dalam satu wadah hukum. Monopoli itu tidak baik," ujar Todung.

Sementara itu, Ikadin kelompok Otto yang diwakili pengacara kondang Elsa Syarif juga menolak RUU tersebut, dan menolak disatukanya organisasi advokat dalam satu wadah. "Ini hanya akan dijadikan peluang bagi mereka yang haus kekuasaan," kata dia.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    China Bangun Lapangan Terbang di Wilayah Sengketa