UNS & KIT Jerman Eksplorasi Sungai Bawah Tanah

|

Ilustrasi: ist.

UNS & KIT Jerman Eksplorasi Sungai Bawah Tanah

SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerjasama dengan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) Jerman  mengeksplorasi sungai bawah tanah di sepanjang kawasan Gunung Kidul Yogyakarta hingga Tulungagung, Jawa Timur.

Eksplorasi sungai bawah tanah UNS-KIT, kata Sholichin, merupakan tindak lanjut MoU dari Pusat Studi Unggulan Bidang Air, Struktur, dan Energi Terbarukan. Kerjasama kedua instansi ini mewujudkan bantuan kepada masyarakat berupa teknologi yang mereka namakan Turbine Pump Water.

Sistem Turbine Pump Water tidak perlu menggunakan diesel. Menurut Sholichin, turbin digerakan oleh air. Turbin yang menyedot air berputar dan tersedot ke atas. Setelah air bisa terpompa ke atas kemudian disalurkan ke dalam tandon air. Dari tendon didistribusikan ke rumah warga melalui pipa-pipa.

"Air dari sungai bawah tanah tersebut dinaikkan dengan turbin, kemudian bisa dimanfaatkan oleh warga di kawasan tersebut. Biayanya cukup murah karena tanpa menggunakan diesel," jelas Fasilitator UNS-KIT Sholichin kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Jawa Tengah, Senin (25/3/2013).

Dosen teknik sipil UNS ini mengimbuh, saat ini tim teknis UNS dan KIT Jerman masih melakukan studi kelayakan untuk menggunakan teknologi tersebut di Luweng Jaran, Pacitan, Jawa Timur dan sudah melaksanakan eksplorasi di sungai bawah tanah Bribin, Gunung Kidul, Yogyakarta.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pecandu Narkoba Tak Perlu Takut Melapor