Tips & Trik Isi Lembar Jawaban UN

|

Ilustrasi: lembar isian komputer. (Foto: collegedisabled)

Tips & Trik Isi Lembar Jawaban UN

JAKARTA - Teknik pengisian lembar jawaban terutama pada Ujian Nasional (UN) sangat menentukan kelulusan siswa. Berikut tips dan triknya.

Menurut Managing Director PT Faber Castell International Indonesia Yandramin Halim, berdasarkan data studi, 25 persen siswa yang tidak lulus UN karena kesalahan non-teknis. Kesalahannya seperti kesalahan melingkari jawaban, lingkaran jawaban yang ganda atau pensil yang tidak tepat. 

Menurut Product Manager PT Faber Castell International Indonesia Christian, sebelum ujian, para siswa harus menyiapkan sedikitnya dua pensil, satu penghapus dan satu rautan. Untuk pensil sebaiknya memilih pensil 2B dengan diameter 2,8 mm. Jangan memakai pensil 2B seperti 3B hingga 5B karena menyangkut kadar kehitaman. Semakin tinggi kadar kehitaman pensil akan semakin sulit untuk dihapus sehingga akan mengganggu proses baca di mesin pindai.

Christian menambahkan, pilih juga pensil dengan pori-pori kayu paling padat dengan isi pensil di tengah. Pensil ini merupakan instrumen penting dalam ujian karena waktu ujian yang diberikan juga terbatas. Sementara untuk penghapus, dia menerangkan, pilih penghapus yang bebas debu karena jika debu sisa menghapus yang tersisa di lembar jawaban juga akan mempersulit proses pemindaian.

"Pilih juga penghapus yang lembut agar tidak merusak kertas," katanya pada Peluncuran portal ujian www.latihanujian.com, di FX Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Pengamat Pendidikan Saufi Sauniawati berkomentar, faktor nonteknis memang sangat mempengaruhi. Berdasarkan pengalamannya ketika diminta untuk melakukan try out di kabupaten Cimahi pada 2004, dari 6.200 peserta try out, ada 927 siswa yang lembar ujiannya tidak terbaca.

"Kesalahan terjadi karena siswa menghitamkan ID Mark, nama yang berbeda juga bisa menjadi masalah," tukasnya.

Saufi juga menjelaskan, sebaiknya soal ditadahi dengan alas karena tekanan pada pensil pada saat menghitamkan di lembar jawaban yang langsung bersentuhan dengan meja akan mempengaruhi pemindaian.

Selain itu memegang pensil juga jangan tegak namun dimiringkan dengan pensil digenggam jempol dan telunjuk dan jari tengah. Pasalnya, genggaman pensil juga turut mempengaruhi syaraf di otak sehingga mampu lebih konsentrasi.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Audi Juga Punya Mobil Hidrogen, A7 Sportback H-Tron Quattro