Perempuan Misterius Pimpin Operasi Rahasia CIA

|

CIA (Foto: Dok. CIA)

Perempuan Misterius Pimpin Operasi Rahasia CIA

WASHINGTON – Badan Intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, memang penuh dengan kerahasiaan. Mereka bahkan menutupi identitas seorang permpuan yang baru saja diangkat untuk memimpin operasi rahasia CIA.

 

Kabar tentang penunjukan itu sendiri disambut baik oleh pengamat intelijen di Negeri Paman Sam itu. Perempuan misterius tersebut adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai direktur dari lembaga yang bernama resmi National Clandestine Service itu.

 

“Direktur National Clandestine Servie telah dipilih dengan meminta petunjuk dari beberapa mantan tokoh CIA,” ujar juru bicara CIA, Preston Golson, seperti dikutip Washington Post, Rabu (27/3/2013).

 

Perempuan itu disebut sebagai anggota senior di CIA. Selama karirnya, dia membantu menjalankan program penahanan dan interogasi yang dilakukan oleh lembaga intelijen tersebut.

 

Program itu menimbulkan banyak kontroversi karena CIA dituduh menyiksa tahanan yang mereka interogasi. Dia disebut memerintahkan untuk menghancurkan bukti-bukti yang menunjukkan CIA melakukan aksi penyiksaan terhadap para tahanannya.

 

“Dia adalah sosok yang kompeten dan berpengalaman, namun dia terlibat dalam kasus penyiksaan yang dilakukan oleh CIA,” ujar mantan petugas intelijen AS yang tidak disebut namanya.

 

Perubahan peran perempuan mulai nampak di dinas intelijen AS, sebelumnya Presiden Barack Obama menunjuk Julia Pierson untuk memimpin Secret Service. Pierson menggantikan Mark Sullivan, yang memutuskan untuk pensiun pada Februari lalu. 

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ruhut: Apa Bedanya Pasek dengan Sengkuni?