Ada Pelanggaran HAM Serius dalam Penyerangan LP Cebongan

|

Komnas HAM usai bertemu dengan Sri Sultan HB X (Foto: Prabowo/okezone)

Ada Pelanggaran HAM Serius dalam Penyerangan LP Cebongan

YOGYAKARTA- Komnas HAM telah menyelesaikan penyelidikan kasus penyerangan yang dilakukan oleh kelompok tidak dikenal di Lapas Klas IIB Cebongan, Sleman, DIY pada Sabtu, 23 Maret lalu.

Dalam penyelidikan selama tiga hari itu, Komnas HAM menyimpulkan telah terjadi pelanggaran HAM serius dalam insiden tersebut.

"Ada pelanggaran HAM yang sangat serius," kata Ketua Komnas HAM, Siti Nurlaila, saat jumpa pers bersama dengan Bupati Sleman, Sri Purnomo, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (28/3/2013).

Dia menjelaskan, pelangaran HAM serius yakni melakukan penyerangan saat seseorang sedang menjalani proses hukum atas tindakan pidana.

"Mengapa? Karena ini berkaitan dengan lembaga negara. Jadi ada proses hukum yang tidak dihormati dalam penegakan hukum," paparnya.

Sebagaimana diketahui, dalam penyerangan di Lapas Klas IIB Cebongan, Sleman itu ada empat tahanan titipan Polda DIY yang tewas ditembak. Ke-empat tahanan itu terjerat kasus pengeroyokan yang terjadi di Hugo's Cafe hingga menyebabkan eks anggota Kopassus, Sertu Santosa, tewas pada Selasa, 19 Maret lalu.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penangkapan Penghina Jokowi Terkesan Otoriter