PT Askes Resmi Jalankan Program KJS

|

Kartu Jakarta Sehat (Foto: Heru/Okezone)

PT Askes Resmi Jalankan Program KJS

JAKARTA - Hari ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama pelaksanaan pelayaan Kartu Jakarta Sehat (KJS) bersama PT Askes (Persero).

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, sasaran KJS adalah masyarakat miskin, hampir miskin, dan masyarakat DKI lainnya yang mau menggunakan Puskesmas dan fasilitas rawat inap kelas III.

"Ya langsung hari ini sudah mulai kerja sama dengan Askes sebagai pengelola KJS, rumah sakit pemerintah dan swasta juga sudah siap," kata Ahok di Balai Kota, Senin (1/4/2013).

Kerja sama tersebut, sambungnya, merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman yang dilakukan pada 1 Maret lalu. Dalam perjanjian itu disebutkan PT Askes diamanahkan sebagai pengelola dana jaminan kesehatan masyarakat DKI.

Menurut Ahok, dalam kurun waktu satu bulan ke depan pelaksanaan KJS belum bisa berjalan sendiri. Karena itu, program ini dilakukan beriringan dan simultan dengan program Jamkesda oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, sebelum benar-benar dikelola PT Askes.

Direktur Utama PT Askes Fachmi Idris menyambut baik kerja sama ini. Peran aktif Pemprov DKI, kata dia, mendukung pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang akan dilaksanakan per 1 Januari 2014 mendatang.

"Pelaksanaan KJS akan memberi pelajaran yang sangat berharga untuk persiapan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan," katanya.

Terkait jumlah sasaran peserta dalam program tersebut, kata Fachmi, adalah 4,7 juta jiwa yang terdiri dari 1,2 juta jiwa peserta jamkesmas dan sisanya 3,5 juta jiwa penduduk DKI lainnya. Dengan perhitungan premi per member per month (PMPM) Rp23.000 sehingga total anggaran mencapai Rp1,2 triliun.

"Fasilitas kesehatan yang dapat digunakan peserta KJS adalah 341 puskesmas meliputi 44 puskesmas kecamatan dan 297 puskesmas kelurahan, 132 rumah sakit terdiri RS pemerintah, RS pusat dan RS Swasta," tegas Fachmi.

(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Janda Diperas Gara-Gara Foto Bugil di Facebook