Foto Udara Terbaru Kondisi Titik Semburan Lumpur Lapindo

|

Gambar udara lumpur Lapindo terbaru (Dok: Pramono Putra/Sindo TV)

Foto Udara Terbaru Kondisi Titik Semburan Lumpur Lapindo

SIDOARJO - Hampir tujuh tahun semburan lumpur Lapindo di Desa Siring, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, namun hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Hasil pengambilan gambar udara, Senin, 1 April 2013 sore, semburan lumpur bercampur asap putih masih terus keluar dari titik semburan dan meluber ke kolam penampungan.

Kolam penampungan lumpur di bekas Desa Siring, Jatirejo, Renokenongo, dan Kedungbendo, tampak penuh dengan luapan lumpur. Sementara di sejumlah titik, tampak genangan lumpur mulai mengering.

Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menyebut, berdasarkan data mutakhir, volume semburan berkisar antara 30 ribu dan 35 ribu meter kubik per hari. Meski volume semburan tersebut tidak saat kejadian awal, pada 29 Mei 2006, namun kondisi semburan di titik Desa Siring masih memprihatinkan.

Sementara itu, tidak ada aktivitas pengaliran lumpur ke Kali Porong. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan, pasalnya bila tidak ada pengaliran lumpur ke Kali Porong maka genangan lumpur di kolam penampungan semakin menumpuk. Tidak menutup kemungkinan akan meluber keluar tanggul, khususnya tanggul di kawasan Desa Siring dan Jatirejo.

BPLS belum bisa melakukan pengaliran lumpur karena dilarang oleh warga korban lumpur yang belum menerima pelunasan sisa ganti rugi dari Minarak Lapindo.

Humas BPLS, Dwinanto, menerangkan, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan pengaliran lumpur ke Kali Porong bisa dilakukan kembali karena masih menunggu keputusan warga.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Syarat Penangguhan Penahanan MA Belum Lengkap