DKPP Tolak Gugatan Cawakot Palembang

|

Jimly Asshiddiqie (Foto: Dok Okezone)

DKPP Tolak Gugatan Cawakot Palembang
JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menolak gugatan Calon Wali Kota dan Calon Wali Kota Palembang jalur independen, Muhammad Aminudin dan Majnar Bai, terkait adanya pelanggaran kode etik dalam penyelengaraan Pilwalkot Palembang.

"Menolak pengadu seluruhnya, dan merehabilitasi nama baik komisioner KPU Kota Palembang," kata ketua Majelis Sidang, Jimly Asshiddiqie dalam persidangan di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2013).

Menurutnya, penutupan pendaftaraan oleh KPU Palembang pada pukul 16.45 WIB yang menyebabkan Aminudin-Majnar tidak bisa menjadi peserta Pilwalkot Palembang tidak ada dalam perundang-undangan. "Dalam PKPU pedoman teknis tidak ada kententuan spesifik terkait penutupan jadwal pendaftaraan calon dalam pilkada," ujarnya.

Menanggapi putusan DKPP ini, Aminudin menuding DKPP sudah masuk angin dan sudah bermain dalam kasus ini. "Sidang terakhir kasus ini pada 7 Maret 2013 namun putusan pada 4 April 2013. Padahal dalam aturan main DKPP, dari sidang terakhir harus diputuskan dalam waktu tiga hari," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengajukan masalah ini ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN).

Untuk diketahui, kasus ini berawal ketika Aminudin-Majnar pada hari terakhir pendaftaraan Pilwakot Palembang ditolak oleh KPU. Alasannya, pendaftaraan sudah ditutup sejak pukul 16.45 WIB.
(ded)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cuaca Jakarta Bersahabat untuk Pergelaran Maraton