Bawa Gerobak, Saksi Ungkap Dugaan Pelanggaran Pilgubsu

Jum'at, 05 April 2013 03:03 wib | Fahmi Firdaus - Okezone

Bawa Gerobak, Saksi Ungkap Dugaan Pelanggaran Pilgubsu Ilustrasi (Okezone) JAKARTA - Pasangan calon gubernur Sumatera Utara (Sumut), Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi (ESJA) mendatangkan saksi ke persidangan dalam sidang lanjutan sengketa Pemilukada Sumut, di gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Saksi bernama Nuriah bahkan membawa gerobak sayur ke ruang sidang sebagai bukti jika dirinya pernah dianjurkan oleh Bupati Serdang Bedagai, Tengku Erry untuk memilih pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (Ganteng).

"Sambil naik di atas gerobak sayur, Bupati Tengku Erry sambil bilang pilih nomor lima," kata Nuriah, di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2013).

Nuriah menuturkan, gerobak sayur tersebut tidak diberikan secara langsung, melainkan dibagi satu hari menjelang hari pencoblosan. "Kepala desa yang mengantar bilang  kalau cepat-cepat dikasih lupa sama yang memberikan. Dia bilang sarankan tolong bantu nomor lima," kata ungkapnya.

Pemohon dalam sideng tersebut, yakni pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman dan pasangan Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi menghadirkan 20 saksi. Dalam keterangan para saksi terungkap adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU dan incumbent, pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi.

Pemohon menuding pasangan Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi berlaku curang dengan menggunakan fasilitas negara, dan menyalahgunakan kekuasaan. Berdasarkan hasil perhitungan dari 33 kabupaten dan kota, pasangan Ganteng memenangkan Pilkada dengan memperoleh suara terbanyak yakni 1.604.337 atau 33 persen.

Sedangkan di posisi kedua ditempati pasangan Effendi MS Simbolon dan Jumiran Abdi (ESJA) dengan meraih 1.183.187 suara atau 24,34 persen,  disusul pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman yang mendapatkan 1.027.433 suara atau 21,13 persen.

Sementara di posisi keempat, pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan yang meraih 594.414 suara atau 12,23 persen dan posisi juru kunci ditempati pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal yang mendapatkan 452.096 suara atau 9,30 persen. Total suara sah berjumlah 4.861.467 suara, dan suara tidak sah sebanyak 139.963, dengan total partisipasi pemilih sebanyak 5.001.430 jiwa. (put)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »