Penyerangan LP Cebongan Tak Sebatas Pengakuan TNI

|

LP Cebongan, Sleman (Foto: Prabowo/Okezone)

Penyerangan LP Cebongan Tak Sebatas Pengakuan TNI
SOLO - Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menyatakan, pengakuan TNI Angkatan Darat terkait hasil investigasi penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Cebongan, Kabupaten Sleman, DIY, adalah sikap ksatria.

“Saya sempat was-was kalau masalah Cebongan tidak bisa diungkap akan menjadi preseden buruk atau bara dalam sekam. Kalau itu terjadi akan meruntuhkan wibawa negara, sekarang tinggal diadili saja,” ujarnya Din di Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/4/2013).

Menurutnya, persoalan yang terjadi saat ini tidak sederhana karena erat kaitannya dengan sistem dan struktur. Saat reformasi digulirkan, hubungan antara TNI, Polri, dan politik belum selesai.

“Oleh karena itu, bila tidak segera diselesaikan persoalan reformasi di tubuh TNI dan Polri, maka akan terulang kembali. Untuk bisa menyelesaikan perlu ada sentuhan dari panglima tertinggi yakni Presiden. Jika tidak akan muncul lagi percikan-percikan di tempat lain,” jelasnya.

Kasus Cebongan dan lainnya, kata Din, wajib menjadi pelajaran. Mengenai usaha pendekatan yang dilakukan seperti main bola voli bersama-sama antara TNI dan Polri, dan sebagainya, hanya sekadar simbol.

“Tetapi persoalan seperti faktor ekonomi, politik dan anggaran harus segera diselesaikan,” pungkasnya.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Try Sutrisno Batal Jenguk Habibie