Demokrat Jabar Kekurangan Caleg Perempuan

|

Ilustrasi

Demokrat Jabar Kekurangan Caleg Perempuan
BANDUNG - DPD Partai Demokrat Jawa Barat berusaha menggenjot pemenuhan kuota calon legislator (caleg) perempuan sebesar 30 persen di Pemilu 2014. Saat ini, partai yang digawangi Susilo Bambang Yudhoyono itu masih kekurangan caleg perempuan.

Ketua DPD Partai Demokrat Jabar, Iwan Sulandjana, mengakui, adanya aturan kuota caleg perempuan cukup memberatkan partai berlambang bintang mercy itu. Terlebih kuota 30 persen caleg perempuan harus ada di tiap daerah pemilihan (dapil).

Untuk memenuhi quota itulah, Demokrat Jabar masih membuka kesempatan bagi perempuan yang ingin berpolitik. Targetnya, 20 April kuota tersebut terpenuhi. "Saat ini kami mencari caleg perempuan,” kata Iwan saat dikonfirmasi, Jumat (5/4/2013).

Dia menuturkan, kursi yang ada di DPRD Jabar sebanyak 100 kursi, sehingga caleg perempuannya minimal harus 37 orang. Saat ini ada 180 orang yang mendaftar sebagai caleg DPRD Jabar dari Demokrat. “Caleg perempuan kurangnya 12 sampai 13 orang, sedangkan pendaftar laki-laki justru lebih,” ujarnya.

Iwan menyebutkan ada beberapa faktor yang membuat sulitnya mencari caleg perempuan, salah satunya karena tidak semua perempuan tertarik berpolitik. Hal ini menurutnya juga dihadapi partai lain selain Demokrat.

Faktor lain yang membuat sulitnya mencari caleg perempuan karena adanya tarik menarik dengan DPP yang membutuhkan caleg perempuan. “Pusat juga harus memenuhi kuota perempuan,” terangnya. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cuaca Jakarta Bersahabat untuk Pergelaran Maraton