Kuota Bidikmisi PTS Naik Jadi 3.000 Orang

|

Ilustrasi: ist.

Kuota Bidikmisi PTS Naik Jadi 3.000 Orang

JAKARTA - Sejak tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk menerima beasiswa Bidikmisi. Kuota yang tadinya berjumlah 2.000 orang, tahun ini akan ditambah menjadi 3.000 penerima.

"Bidikmisi tahun ini ada 50 ribu. Sebanyak 47 ribu untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 3.000 untuk swasta," kata Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ilah Sailah dalam konfrensi pers terkait beasiswa Bidikmisi di fX, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2013).

Ilah menyebut, dari 2.000 kuota yang disediakan Kemendikbud untuk mahasiswa PTS, hanya terisi 1.932. Dia menjelaskan, kuota tersebut tidak terpenuhi karena keterbatasan waktu untuk menjaring mahasiswa yang sesuai dengan kriteria penerima Bidikmisi.

"Dana untuk PTS itu dari APBN-P. Saat dana keluar pada sekira  September, perkuliahan kan sudah dimulai. Kami hanya bisa bergerak satu bulan untuk mencari mahasiswa yang sesuai kriteria penerima Bidikmisi. Nah, sekarang kami tidak mau seperti itu lagi. Sekarang benar-benar kami cari," ungkapnya.

Dia menyatakan, tahun lalu jumlah PTS yang menerima Bidikmisi ada 142 institusi, sementara tahun ini jumlahnya bertambah menjadi 148-150 PTS. Salah satu kriteria yang dipilih untuk menerima Bidikmisi adalah memiliki program studi (prodi) yang baik dan terbukti melalui akreditasi baik.

"Di Jawa, kami berikan kepada prodi yang terakreditasi A tapi di luar Jawa boleh akreditasi B dan C. Pembagian kuota tidak sama, per kopertis. Tergantung tingkat kemiskinan populasi di daerah itu," urai Ilah.

Tidak hanya itu, prodi yang diutamakan mendapat Bidikmisi adalah prodi yg mempercepat MP3EI, seperti teknik, kesehatan, keguruan, dan sebagainya. Ilah mengaku, prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi di PTS cukup baik, sehingga menjadi alasan untuk menambah kuota di tahun ini.

"Yang membuat kami senang memberi ke PTS karena rerata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Bidikmisi di PTS 3,25. Tapi mereka (PTS) masih tersendat untuk memasukan Bidikmisi ke dalam sistem," tambahnya.

Dari berbagai Kopertis se-Nusantara, Kopertis X, yakni Padang memiliki penerima Bidikmisi paling banyak. Kopertis yang mencakup Padang, Riau, Jambi, dan sekitarnya itu memiliki 361 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

(rfa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sampah Akan Jadi Uang di Daerah Ini