Tinggi Muka Air Waduk Jatiluhur 1 Meter di Bawah Waspada

|

Waduk Jatiluhur (Foto: Koran Sindo)

Tinggi Muka Air Waduk Jatiluhur 1 Meter di Bawah Waspada

PURWAKARTA - Hujan yang terus mengguyur Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, membuat debit air Waduk Jatiluhur atau Waduk Insinyur Djuanda terus naik.

Tinggi muka air (TMA) air Waduk Jatiluhur sudah mencapai 107 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau satu meter di bawah status Waspada, yakni 108 mdpl. Meski masih satu meter di bawah Waspada, di beberapa bagian waduk, air sudah mulai tumpah.

Waduk Jatiluhur dirancang untuk bisa menahan air sampai ketinggian 110 mdpl. Bila melebihi, sebanyak 3,5 miliar meter kubik air bisa menghantam Karawang sampai Jakarta.

Direktur Pengelola Air Waduk Jatiluhur, Harry M Sungguh, mengatakan, pihak Perum Jasa Tirta (PJT) II, sebagai pengelola air Waduk Jatiluhur, akan mengusulkan ke pemerintah untuk meledakkan tanggul ubrug yang dibuat sebagai tanggul emergency bila air sudah mencapai ketinggian 110 mdpl. Dengan diledakkannya tanggul itu, air bisa mengalir ke Sungai Cikao sehingga bisa mengurangi dampak luapan Sungai Citarum.

Namun, Harry menegaskan, saat ini ketinggian air Waduk Jatiluhur masih normal. Pasalnya, Sungai Citarum di bagian hilir masih bisa menampung air limpahan Jatiluhur.

 

Sedangkan untuk mengurangi TMA, pihak PJT II terus melakukan hollow jet yakni membuang air waduk di bagian bawah bendungan.

(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    KPK Janji Tindaklanjuti Permintaan Ahok soal LHKPN