Rahudman Tak Ditahan karena Ada Uang Jaminan Rp100 Juta

Wali Kota Medan Rahudman Harahap

Rahudman Tak Ditahan karena Ada Uang Jaminan Rp100 Juta
MEDAN - Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, Rahudman Harahap, bisa sedikit bernapas lega, karena tidak ditahan meski berkas dugaan korupsi yang melilitnya telah lengkap.

Rahudman yang kini menjadi orang nomor satu di Kota Medan, sudah ditetapkan menjadi tersangka sejak 2010 atas dugaan korupsi dana Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD) di Kabupaten Tapanuli Selatan pada 2005. Negara merugi Rp1.590.944.500 dari Rp5.955.390.000 yang dianggarkan dalam APBD 2005.

Lantas, kenapa dia tidak ditahan?

Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan, Fredi Azhari, menjelaskan, penahanan tidak dilakukan oleh penyidik Kejari Tapsel karena adanya jaminan berupa uang Rp100 juta. Selain itu, tersangka juga tengah menjabat sebagai Wali Kota Medan aktif.

Jaminan tersebut diberikan oleh Camat Medan Marelan, Dedi Harahap, yang merupakan anak tersangka. Dedi juga menjadi jaminan atas orangtuanya agar tidak ditahan.

"Terdakwa tidak kami tahan karena adanya jaminan uang Rp100 juta. Salah satu anak tersangka sebagai jaminan agar tersangka tidak ditahan," kata Kepala Kejaksaan Negeri Tapsel, Fredi Azhari di Medan, Jumat (12/4/2013).

Fredi menjelaskan, uang jaminan itu nantinya akan dititipkan ke Pengadilan Tipikor Medan.

Semenjak ditetapkan sebagai tersangka, Rahudman baru dua kali menjalani pemeriksaan. Pada awal 2012 lalu, Kejati Sumut mengajukan surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) atas kasus tersebut ke Kejagung, namun ditolak.

Selain Rahudman, mantan pemegang kas Tapsel, Amrin Tambunan, juga terjerat kasus serupa. Proses hukum sudah berlangsung sejak 2010 setelah dirinya menjadi buron selama empat tahun.

Amrin divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Tinggi Sumatera Utara setelah mengajukan banding atas vonis tiga tahun penjara oleh PN Padangsidempuan. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Polisi Curiga Istri Terlibat Pembunuhan Bule di Bali