KPU Jateng Anulir 2.199.650 Calon Pemilih dalam Pilgub

|

KPU Jateng umumkan jumlah DPT dalam pilgub 2013 (foto: Timotius A/Okezone)

KPU Jateng Anulir 2.199.650 Calon Pemilih dalam Pilgub

SEMARANG - Komisi Pemilihan UmumĀ  (KPU) Jawa Tengah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pilgub Jateng 2013 sebanyak 27.385.985 pemilih. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan DP4 yang diterima KPU Jateng sebanyak 29.629.952 pemilih.

Anggota KPU Jateng, Andreas Pandiangan, menjelaskan, penurunan jumlah pemilih tetap karena setelah dilakukan pencocokan dan penelitian, sebanyak 2.199.650 nama dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Nama yang terdaftar dalam daftar pemilih sementara yang tidak memenuhi syarat itu di antaranya karena pemilih ganda dan pemilih fiktif. Selain itu, banyak nama yang terdaftar ternyata sudah meninggal dunia," ujar Andreas di Kantor KPU Jateng di Jalan Veteran, Kota Semarang.

Menurut Andreas, jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap itu sudah final dan tidak akan berubah. DPT nantinya akan digunakan oleh KPU untuk menyiapkan jumlah surat suara yang akan dicetak.

"DPT itu akan menjadi acuan kami menyiapkan logistik, termasuk surat suara. Dari jumlah DPT itu tempat pemungutan suara yang disediakan yakni 6.951 buah," paparnya.

Andreas menambahkan, bila nanti saat pencoblosan ada masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT, tetap bisa mengikuti memberikan hak suaranya dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Tapi perlu diingat bahwa jika menggunakan KTP, hanya boleh mencoblos sesuai alamat KTP," ungkapnya.

(ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bus Karyawan Pertamina Jadi Bulan-bulanan Pendemo di Istana