"Little Willie" Dinyatakan sebagai Tank Pertama

Foto : Little Willie (Historywiz)

NEW YORK - Tepat pada 6 September 1915, muncul prototipe kendaraan lapis baja di Inggris yang bernama Little Willie. Little Willie merupakan kendaraan lapis baja berbobot 14 ton yang mudah terjebak di parit dan memiliki kecepatan dua mil per jam.

Inggris membangun tank itu untuk berperang di Perang Dunia I. Ide pembangunan kendaraan lapis baja itu tidak luput dari pernanan seorang kolonel bernama Ernest Swinton dan William Hankey.

Swinton dan Hankey memiliki ide, Inggris harus berjuang untuk menerobos garis pertahanan musuh, dan menjelajahi wilayahnya di jalur darat. Setelah mereka mengutarakan idenya ke Menteri Angkatan Laut Winston Churchill mereka pun mulai membangun prototipe ini.

Agar proyek pembangunan tank itu tidak diketahui musuh, para teknisi yang bertanggung jawab membangun Little Willie diperintahkan untuk mengatakan ke publik bahwa mereka hanya membangun kendaraan untuk mengangkut air ke medan perang. Kendaraan itupun diberikan label bertulisan "Tank" (tanki air). Demikian dilansir dari History.com, Jumat (19/4/2013).

Gerakan Little Willie di medan tempur dinilai sangat lamban. Kendaraan lapis baja itu juga mudah panas dan tidak bisa menyeberangi parit.

Inggris pun memutuskan untuk membangun Big Willie pada 1916. Prototipe kedua ini dinyatakan lebih siap berperang ketimbang Little Willie. Big Willie bergabung dalam pertempuran pertamanya di dekat Courcelette, Prancis pada 15 September 1915.

Big Willie keluaran pertama juga memiliki mesin yang cepat panas, berisik, dan sangat berat. Kendaraan itu cepat mengalami kerusakan saat berada di medan perang.

Meski demikian, lama kelamaan militer pun makin sadar akan pentingnya kehadiran tank di medan perang. Tank pun menjadi instrumen perang yang sangat penting di era Perang Dunia II. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ahok Tak Otomatis Jadi Gubernur Gantikan Jokowi