Susno Duadji Terancam Gagal Nyaleg

|

Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji (Foto: Dok. Okezone)

Susno Duadji Terancam Gagal Nyaleg

JAKARTA- Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Susno Duadji terancam batal menjadi calon anggota legislatif dari Partai Bulan Bintang (PBB). Lantaran Susno tersangkut kasus yang memuat ancaman di atas lima tahun penjara.

Menanggapi Hal itu tersebut Komisioner Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman, menyatakan, sesuai dengan ketentuan di dalam Pasal 4 huruf g Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Syarat Pencalonan Anggota Legislatif, untuk itu Susno terancam tidak dapat maju dalam pesta demokrasi rakyat lima tahunan ini.

“Meski hukumannya 1 hari, jika di dalam pasalnya diancam dengan hukuman di atas lima tahun, maka tidak dapat mencalonkan diri,” tegas Arief di Kantor KPU, Jakarta, Jum'at (19/4/2013).

Mengacu ketentuan yang diatur di dalam Pasal 4 huruf g Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2013, Susno tidak dapat maju sebagai caleg dari PBB. Pasal 4 menyatakan bila seorang caleg disyaratkan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

(ugo)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pesan Menpora untuk Mahasiswa