Susno Duadji Kecewa dengan Sikap Kejagung

|

Susno Duadji Kecewa dengan Sikap Kejagung

JAKARTA - Komisaris Jenderal purnawirawan Susno Duadji sangat menyayangkan sikap dan informasi yang selama ini disiarkan oleh pihak Kejaksaan dalam perkara yang sedang dihadapi saat ini. Khususnya soal eksekusi penahanan.

 

Melalui juru bicaranya, Avian Tumengkol, Susno menyatakan bahwa dirinya sudah siap ditahan dan masuk lembaga permasyarakatan. Bahkan, sebelum putusan Mahkamah Agung keluar, Susno sudah meminta secara resmi kepada Kejaksaan agar penahanannya segera dilakukan.

 

“Secara khusus, Komjen Susno meminta ditahan di LP Cibinong dengan alasan kedekatan proksimitas dengan tempat tinggal keluarganya. Keluarga Susno pun sudah mempersiapkan segala keperluan properti, logisitik, dan makanan selama akan tinggal di Lapas,” ujar Avian Tumengkol melalui keterangan tertulis kepada Okezone di Jakarta, Minggu (21/4/2013).

 

Menanggapi permintaan Susno, kata Avian, pihak Kejaksaan pun telah menjadwalkan pelaksanaan, tapi tiga kali jadwal tersebut selalu batal. Padahal Susno sudah siap, tapi para jaksa sibuk dengan agenda lain.

 

Tidak lama setelah itu, ujar Avian, putusan MA keluar dan ternyata tidak ada amar yang memutuskan Susno harus ditahan atau dipenjara, tidak menyatakan dia bersalah, dan tidak memutuskan hukuman apapun. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan Pasal 197 ayat 1 huruf k dan ayat 2, Komjen Susno tidak diwajibkan untuk dilakukan penahanan terhadap dirinya.

 

“Untuk penanganan selanjutnya dalam perkara hukum Komjen Susno Duadji, beliau sangat percaya pihak Kejaksaan khususnya Jaksa Agung beserta jajarannya akan menangani perkara ini dengan cermat dan sesuai dengan hukum yang benar. Dengan demikian, jika pihak Kejaksaan tetap mengingkan Komjen Susno ditahan, maka diharapkan semua putusan pengadilan harus tanpa cacat hukum,” tegasnya.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gatot Ingatkan Nusron Selesaikan "PR" BNP2TKI