Harlah ke-14, Garda Bangsa Gelar Ngerumpi Politik

JAKARTA – Memperingati hari ulangtahun ke-14, Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa menggelar acara Ngerumpi Politik Stand Up, Speak Up, Take Action, di DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jalan Raden Saleh No.9, Jakarta Pusat. Acara ini disemarakkan sejumlah artis Caleg PKB dan mahasiswa.

 

Menurut Ketua Umum DKN Garda Bangsa, M Hanif Dhakiri, potensi pemilih pemula sangat besar, kurang lebih 30 persen. Hal ini sesuai dengan dengan data BPS pada tahun 2010. Kelompok umur berusia 10-14 tahun 22,667.490 dan kelompok umur berusia 15-19 tahun berjumlah 20.871.086.

 

"Jika diasumsikan kelompok umur 10-14 tahun separuh berusia 17 dan kelompok umur 15-19 tahun semuanya menjadi pemilih. Maka ada 32 juta potensi suara pemilih pemula pada Pemilu 2014. Mayoritas pemilih pemula adalah pelajar, mahasiswa, dan pekerja muda," ujar Hanif di sela-sela acara Ngerumpi Politik, Minggu (21/4/2013).

 

Namun begitu, lanjut Hanif, potensi suara pemilih pemula yang sangat besar belum diwadahi aspirasinya. "Minimnya edukasi politik yang diterima oleh kelompok pemilih pemula selama ini menyebabkan kecenderungan pemilih pemula akan menaruh simpati kepada kandidat atau caleg dari kalangan selebriti dibandingkan dengan non-selebriti," tuturnya.

 

Hal ini, disebabkan karena artis merupakan public figure yang sering menjadi panutan generasi muda. "Guna melibatkan dan mewadahi partisipasi politik pemilih pemula pada pemilu 2014 DKN Garda Bangsa, Banom PKB mengadakan kegiatan ini," tutupnya.

(ful)
breaking news x