Sesepuh Buntet Pesantren Meninggal Dunia

|

Sesepuh Buntet Pesantren Meninggal Dunia
SENJA pada Minggu 6 April 2013 itu jadi saksi terakhir, saat suara Kiai Syifa menggugah Jamaah yang menyemut di pemakaman Gajah Ngambung Buntet Pesantren Cirebon untuk istiqomah mengamalkan sholawat.

Kiai yang jadi muqqodam thoriqoh Tijani ini didaulat untuk memimpin dzikir pada acara Haul Al-Marhumin Sesepuh Buntet Pesantren. Itu kali terakhir beliau di Haul Buntet. Berita dukapun tiba. Innaa Lillahi wa Innaa ilaihi Rajiun, Sesepuh Buntet dengan nama lengkap KH.Abdullah Syifa Bin Akyas itu wafat di usia 72 Tahun, Senin 22 April 2013 pukul 08.30 WIB.  

Ini menambah daftar kiai sepuh yang wafat di saat bangsa ini membutuhkan bimbingan mereka. Masih segar kepedihan kita saat KH. Achmad Warson Munawwir wafat Kamis, 18 April 2013 pukul 06.00 WIB.

Kang Maman Imanulhaq, salah satu kiai muda yang sering diajak berdiskusi oleh Kiai Syifa mengungkapkan kesedihan yang mendalam. "Saat haul Buntet kemarin, saya beserta istri mendampingi Kiai Syifa makan dengan lahap seusai memimpin tahlil. Beliau bercerita tentang kerinduan pada almarhum istrinya. Beliau juga memberi amalan sholawat dari Habib Lutfi bin Yahya Pekalongan," ujar Kang Maman.

Ulama Semakin Langka

Kang Maman yang tadi malam hadir di Haul KH.M.Moenawir Bin Abdullah Rasyad Krapyak Yogyakarta mengutip tausiah Kyai Zainal Abidin Moenawir tentang sulitnya mencari panutan di saat para ulama pergi meninggalkan kita. "Ketulusan para ulama dalam menjaga kedamaian, kerukunan dan keharmonisan negeri ini sangat sulit dipraktikan para pemimpin negeri ini," pesan Kiai Zainal.

Khatib 'Amm Syuriah PBNU, KH.DR. Malik Madani, yang hadir sebagai penceramah pada acara tersebut mengungkap kecemasannya dengan wafatnya para kiai. "Dunia menangis dengan wafatnya para ulama. Lalu lahir orang-orang bodoh yang memberi fatwa tanpa ilmu. Itulah awal dari bencana bagi kehidupan bangsa dan negara ini," ungkap kiai asal Madura ini.

Sore ini, Kiai Syifa yang ramah dan istiqomah ini akan dikebumikan di komplek Pemakaman sesepuh Buntet Desa Mertapada Kulon, Astanajapura, Cirebon, Jawa Barat.

Di tempat ini terbaring damai jasad KH. Abdul Jamil, KH. Abbas, KH. Fuad Hasyim dan para ulama yang telah berjasa membimbing umat dengan memberikan tausiyah tentang pentingnya agama sebagai spirit untuk membangun bangsa dan negara.
(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ketua PBNU Juluki Jokowi Presiden Lugu