SBY: Diaspora Indonesia Orang-orang Hebat

|

Presiden SBY. (Foto: Ditjen Pajak)

SBY: Diaspora Indonesia Orang-orang Hebat

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut diaspora Indonesia sebagai orang-orang hebat. Diaspora sendiri diartikan sebagai semua orang berdarah dan berbudaya Indonesia yang tinggal di luar wilayah Indonesia.

"Mereka adalah orang-orang hebat di bidang masing-masing, dan begitu mereka kembali ke Indonesia, mereka membawa pengalaman dan keahlian mereka untuk ikut membangun Indonesia," kata Presiden SBY, seperti dikutip dari laman Setkab, Senin (22/4/2013).

Hal tersebut diucapkannya dalam pidato penerimaannya, saat menyampaikan penghargaan dan rasa hormatnya kepada Nanyang Technological University (NTU) atas pemberian gelar Honorary Degree of Doctor of Letters dari Rajaratnam School of International Studies (RSIS).

Menurut Presiden SBY, di Singapura terdapat sekira 8.500 profesional Indonesia, 24.500 pelajar, dan 105 ribu tenaga kerja Indonesia (TKI). Selama berpuluh-puluh tahun jumlah diaspora Indonesia di Singapura terus berkembang.

Oleh karena itu, lanjutnya, ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, universitas, kalangan pekerja dan rakyat Singapura yang menjalin persahabatan dengan diaspora Indonesia di Singapura.

"Jalinan orang per orang ini sejauh ini merupakan aset terbesar dari hubungan bilateral kedua negara," kata Presiden SBY.

Dalam suratnya kepada Presiden SBY, Presiden NTU Profesor Bertil Anderson menyebutkan bahwa gelar Doktor HC diberikan kepada Presiden SBY atas prestasinya sebagai Presiden Indonesia yang berhasil menciptakan stabilitas politik, pembangunan ekonomi dan perubahan demokrasi.

(ade)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penghina Jokowi Sudah Tanda Tangani Surat Penangguhan Penahanan