Sejarah Cerita Hantu

|

Ilustrasi : IST

Sejarah Cerita Hantu
NEW YORK - Cerita hantu lahir dari sebuah kepercayaan kuno bahwa arwah seseorang yang sudah meninggal akan tetap ada meski harus berpisah dengan raganya. Cerita-cerita hantu yang mengerikan juga sudah ada sejak era sebelum masehi di Romawi.

Yunani & Romawi


Salah seorang penulis asal Romawi, Pliny, mengarang cerita hantu pertamanya dalam suratnya. Pliny menceritakan hantu seorang pria tua dengan jenggot lebat yang membawa rantai besi, telah berkeliaran di rumahnya yang terletak di Athena. Demikian, dilansir dari History.com, Rabu (24/4/2013).

Kisah-kisah hantu lainnya pun kian berkembang dan pada 856 SM, cerita paranormal horor pertama muncul di dunia ini. Dalam cerita tersebut, penulis memaparkan bagaimana benda-benda melayang dengan sendirinya tanpa ada bantuan manusia. Cerita itu berkembang di sebuah tempat di Jerman.

Inggris


Beberapa kisah horor di Inggris pada Abad ke-16 juga dinyatakan sebagai kisah yang cukup populer. Istri kedua dari Raja Henry VIII, Anee Boleyn, tewas dihukum mati di Menara London pada Mei 1536. Ibu dari Ratu Elizabeth I dituduh mempraktikkan ilmu sihir, berkhianat, dan berzinah. Cerita mengenai hantu Boleyn pun terus bermunculan, beberapa orang mengatakan bahwa Boleyn masih sering terlihat di kediamannya di Kastil Hever, Kent.

Amerika Serikat


Dalam tradisi Negeri Pamam Sam, kisah hantu yang cukup populer ada di Gedung Putih. Banyak pihak yang sering menceritakan ekistensi hantu mendiang Presiden Abraham Lincoln yang berkeliaran di Gedung Capitol Springfield, dan kantor pengacaranya. Seperti diketahui, Lincoln adalah salah satu Presiden AS yang tewas terbunuh.

Sementara itu, terdapat pula cerita mengenai hantu Benjamin Franklin. Franklin dikabarkan sering terlihat di perpustakaan di Pennsylvania. Warga pun mengklaim, terkadang patung Franklin yang ada di perpustakaan itu sering bergerak dan berdansa di jalanan. (AUL)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rini Soemarno Diragukan Bisa Laksanakan Agenda Trisakti