Keterwakilan Perempuan Bakal Caleg PKPI di Jateng Terendah

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Keterwakilan Perempuan Bakal Caleg PKPI di Jateng Terendah
SEMARANG - Jumlah keterwakilan perempuan dalam daftar bakal calon anggota DPRD Jawa Tengah mencapai 37,45 persen. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Nuswantoro, mengatakan, jumlah bakal caleg anggota DPRD Jateng tercatat sebanyak 1.028 orang.

"Hingga kemarin kami sudah menerima total bakal calon sebanyak 1.028 orang, terdiri dari 643 laki-laki dan 385 perempuan. Jumlah tersebut berasal dari 12 partai politik peserta pemilu di Jawa Tengah," ungkap Nuswantoro, Selasa (23/4/2013).

Nuswantoro menjelaskan, dari 12 partai politik yang telah menyerahkan daftar bakal caleg DPRD Jateng sudah memenuhi kuota keterwakilan 30 persen perempuan.

Partai politik dengan jumlah keterwakilan perempuan paling tinggi yakni Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 44 persen. Sementara jumlah keterwakilan perempuan paling rendah yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebesar 30,43 persen.

"Semua parpol peserta pemilu yang mendaftarkan calegnya rata-rata sudah memenuhi kuota minimal 30 persen," ujarnya.

KPU Jateng akan melakukan verifikasi data mulai hari ini hingga 2 Mei mendatang. "Kami juga memberikan kesempatan bagi partai politik untuk melakukan perbaikan mulai 5-14 Mei 2013. Parpol juga diberi kesempatan untuk menambah daftar bakal caleg pada masa perbaikan," pungkasnya.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Suzuki Address, dari Indonesia Menuju Dunia