Buntut Bentrok di LP Tanjung Gusta, 17 Napi Dipindahkan

|

Ilustrasi penjara (Foto: Ist)

Buntut Bentrok di LP Tanjung Gusta, 17 Napi Dipindahkan

MEDAN - Petugas Lembaga Permasyarakatan (LP) Klas I Tanjung Gusta, Medan, memindahkan 17 narapidana (napi) usai terjadinya bentrokan antar-kelompok napi di dalam rumah tahanan tersebut.

Ke-17 napi tersebut dipindahkan dengan menggunakan mobil tahanan di bawah pengawalan ketat petugas, Jumat (26/4/2013).

"Pemindahan napi tersebut hanya bersifat sementara menunggu situasi tenang. LP-nya disebar di beberapa tempat Sumatera Utara," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Utara, Amran Silalahi.

Dia menjelaskan, pemindahan dilakukan secara bertahap yaitu 5 orang dikirim ke LP Pematang Siantar, 4 orang ke LP Binjai, 4 orang dikirim ke LP Lubuk Pakam, Deli Serdang, dan 4 orang lagi dikirim ke LP Tebing Tinggi.

Tahanan yang dipindahkan merupakan napi terlibat bentrokan tadi pagi, namun untuk tahanan yang bernama Asiong (pemicu bentrokan) tidak dipindahkan.

Amran menjelaskan, tidak menutup kemungkinan bertambahnya tahanan yang akan dipindahkan, tapi untuk sementara ini hanya mereka saja.

"Lihat situasi, kalau sudah aman tidak dilakukan pemindahan lanjutan, tapi kalau dianggap perlu ada yang dipindahkan maka akan dilakukan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bentrokan terjadi dua kali, pertama sekira pukul 09.00 WIB dan kedua pukul 10.00 WIB. Akibatnya tiga orang napi terluka, namun satu luka parah akibat terkena pukulan benda tumpul di bagian kepala dan saat ini sedang menjalani perawatan di RS Bina Kasih.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Suster Bayi Fadlan Jadi Tersangka, Terancam Tujuh Tahun Bui