Endup, Sang Penjaga Makam Keluarga Besar Uje

|

Rohyani alias Endup Pompi penjaga makam Uje (Foto: Awaludin/Okezone)

Endup, Sang Penjaga Makam Keluarga Besar Uje

JAKARTA - Menjadi penjaga makam keluarga kesar Ustadz Jeffry Al Buchori (Uje), merupakan kebanggan tersendiri bagi Rohyani (47) alias Endup Pompi dan keluarganya. Mereka sudah turun menurun merawat makam keluarga ustadz gaul itu, mulai dari kakek, ayah, dan kakaknya di tempat pemakaman umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Warga RT 14/05, Kelurahan Karet Tengsin, itu mengatakan, ayahnya, almarhum Amsir (76), lebih dahulu merawat makam keluarga Uje. Setelah sang ayah meninggal pada 1982, barulah tugas itu diterukan olehnya.

"Mulai dari SMP memang saya sudah membantu bapak untuk merawat makam," ujar Endup di TPU Karet Bivak, Sabtu (27/4/2013).

Saat Uje meninggal, dia yang menjadi perawat makam pria kelahiran 12 April 1973 itu, mulai dari penggalian hingga memasang keramik.

Menurutnya, ada enam makam keluarga Uje yang dirawat, yakni ayah Uje, Ismail Modal, kakek Uje, Syarkowi yang wafat pada 27 Februari 1978. Kemudian, makam kakak Uje, M Abdulah Riyadi bin H Ismail Modal yang meninggal pada 8 Januari 2005.

"Terus ada tiga makam lagi, yaitu sepupu dan paman Uje, yang berada di Blok A2, enggak jauh kok," tutur pria yang sehari mencari objekan bor sumur dan service pompa.

Bapak tiga anak itu menyampaiakan sering mendapat uang lumayan besar dari keluarga Uje setiap kali berziarah.

"Keluarga Ustadz Jefrry ke sini, setiap awal puasa dan lebaran. Setiap keluarga Ustadz Jeffry datang saya dikasih Rp700 ribu, mereka sangat baik," tutur pria berbadan kurus dan hitam itu.

Kata Endup, kalau tidak ada orderan (bor sumur dan service pompa), dia membersihkan makam keluarga Uje.

"Penghasilan dari bor sumur sebesar Rp2,5 juta sekali ngebor. Kalau service pompa Rp500 ribu," tuturnya.

Dia pun merasa sangat bangga, bisa mengurus pemakaman keluarga besar ustadz yang fenomenal itu.

"Sangat bangga, saya mendoakan agar keluarga Ustadz Jeffy diberi kesabaran dan ketabahan," pungkasnya.

(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mensos Khofifah Buka Acara Puncak HKSN