Sumpah Pocong Cabub-Cawabub Jombang Akan Digelar di Masjid

Ilustrasi

Sumpah Pocong Cabub-Cawabub Jombang Akan Digelar di Masjid
SURABAYA - Menjaga kesakralan sumpah pocong, Konsorsium Rakyak Jombang Berdaulat (KRJB) akan memilih masjid sebagai tempat prosesi. Setidaknya ada dua masjid yang dipilih, yakni Masjid Ulul Albab di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang (dekat Ponpes Tebuireng), dan Masjid Al-Mustain, Kompleks Universitas Darul Ulum, di Jalan Gus Dur.

"Proses sumpah pocong digelar menjelang hari H (hari pencoblosan). Sampai saat ini sudah muncul dua tempat itu, tapi nanti akan kami sepakati satu tempat saja," kata Ketua Panitia Sumpah Pocong Munasir Huda kepada Okezone, Selasa (30/4/2013).

Dalam prosesi sumpah pocong, akan dihadiri seribuan rakyat Jombang. Munasir memastikan jumlah tersebut didapat dari masyarakat yang tergabung dalam KRJB. Setidaknya saat ini ada sekira 30 kelompok yang tergabung.

"Jumlah seribuan itu bisa saja lebih. Untuk lebih teknisnya dan bagaimana prosesi itu KRJB yang memang menjadi penggagas dan pelaksana," ujar Koordinator LSM Al Haraka tersebut.

Dia berharap, dengan pendekatan kultur budaya itu, mampu melahirkan pemimpin Jombang yang bersih dan bisa menjalankan amanah rakyat. Pasalnya, sumpah pocong terbilang sakral, sehingga tidak bisa dibuat main-main.

Artinya, kesepakatan dengan rakyat harus dilaksanakan karena akan berakibat fatal bagi pememang pesta demokrasi itu nantinya. "Dulu kontrak politik pakai Notaris tapi ternyata tetap saja yang ada hanya janji-janji saja," ujar Munasir Huda.

Seperti diketahui, Pemilukada Kabupaten Jombang akan digelar pada 5 Juni 2013. Di perhelatan itu, terdapat tiga pasang calon yang bakal bertarung. Secara berurutan, mereka adalah Munir Al Fani-Wiwik Nuriati (Mukti), Widjono Soeparno-Sumrambah (Wira), dan Nyono Suharli-Munjidah Wahab (Noah). (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Minibus Terbakar di Tol Merak, Penumpang Kocar- kacir