Navigasi Rusak, Pesawat Garuda Gagal Terbang

|

Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

Navigasi Rusak, Pesawat Garuda Gagal Terbang
JAKARTA – Pesawat Garuda GA-612 tujuan Jakarta-Makassar mengalami gangguan saat take off di ujung landasan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Seluruh penumpang selamat, namun mengalami trauma.

Seorang penumpang, Rudi Gunawan, mengatakan, pesawat gagal berangkat karena mengalami kerusakan navigasi. Dia menceritakan, sesuai jadwal mestinya pesawat berangkat pukul 17.15 WIB.

“Tadi saat penumpang menunggu, ada pengumuman pesawat delay 45 menit. Eh, setelah ditunggu ada pengumuman lagi pesawat ditunda keberangkatannya sekitar 30 menit. Menurut pengumuman itu ada kerusakan pesawat,” kata Rudi kepada Okezone, Jumat (2/5/2013)

Rudi menambahkan, pukul 18.30 WIB semua penumpang naik pesawat dan menempati tempat duduk masing-masing. Setelah itu pesawat menuju run way untuk take off.

“Pesawat sudah berjalan kencang hendak terbang, bahkan roda bagian depan telah terangkat. Tiba-tiba pesawat direm mendadak, gak tau penyebabnya apa. Kami sempat panik dan kaget ketika pesawat direm mendadak itu, apalagi pilot mengumumkan terjadi gangguan navigasi,” lanjutnya.

Setelah gagal terbang, lanjut Rudi, pesawat kembali ke apron (tempat parkir pesawat terbang). Sebelum tiba di apron, pesawat berjalan lagi menuju run way untuk take off. Namun, usaha untuk menerbangkan pesawat untuk kedua kali itu pun gagal dan akhirnya kembali ke apron.

“Saya heran, pesawat canggih seperti ini kok rusak. Tadi saat mau terbang saya lihat pesawat lain di belakang mau landing hampir bersamaan. Itu kan berarti komunikasinya gak jalan,” bebernya.

Penumpang masih terlantar di ruang tunggu Terminal 2 F Bandara Soekarno–Hatta. Mereka juga meminta biaya kompensasi akibat keterlambatan dan insiden yang mengakibatkan trauma.

“Belum tau sampai kapan kami menunggu, tadi sempat ada pengumuman akan diberangkatkan pukul 22.00 WIB. Kalau masih pakai pesawat yang tadi saya menolak. Gak mau mempertaruhkan nyawa untuk naik pesawat itu,” tandasnya.

Sementara itu, seorang custommer service Bandara Soekarno-Hatta, Larasati, mengatakan, pesawat Garuda GA-612 tujuan Jakarta-Makassar telah diberangkatkan pada pukul 19.40 WIB. Dia juga membantah terjadi kerusakan navigasi yang mengakibatkan pesawat gagal terbang.

“Navigasi normal, barusan ada 11 pesawat yang landing juga tak bermasalah. Pesawat Garuda tadi telah diberangkatkan,” kata Larasati.
(tbn)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tolak Ahok, FPI Cs Salawatan di Jalan