Demokrat Pangkas Caleg Artis

Sabtu, 04 Mei 2013 11:16 wib | Fahmi Firdaus - Okezone

Andi Nurpati (Foto: Dok Okezone) Andi Nurpati (Foto: Dok Okezone) JAKARTA - Partai politik peserta Pemilu 2014 berlomba-lomba menggandeng artis untuk menjadi calon legislatif. Namun tidak dengan Partai Demokrat. Partai berlambang mercy ini hanya merekrut seorang artis untuk menjadi caleg, selain artis yang sudah menjadi anggota DPR pada periode sebelumnya.

"Kita enggak banyak artis cuma Yenny Rahman untuk pemilihan DKI 2, yang lainnya sudah lama di Partai Demokrat," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Nurpati, dalam diskusi Polemik Sindo Radio bertema 'Bukan Caleg Biasa' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2013).

Mantan anggota KPU tersebut menambahkan, ada beberapa artis yang duduk di DPR dan kembali maju seperti Ruhut Sitompul dan Venna Melinda. Karena para incumbent tersebut mendapat prioritas dari Partai Demokrat.

"Pertimbangan incumbent diproritaskan maju karena sudah keputusan dan kewajiban untuk maju lagi. Seperti Ruhut dan Venna melinda, lalu ada Anwar Fuadi yang sebenarnya juga pendiri," ujarnya.

Komposisi caleg Partai Demokrat, sambung Andi, terdiri dari beberapa komponen seperti dari DPP, incumbent, kader daerah, organisasi sayap, kader nonpartai, dan tokoh masyarakat.

"Dari 148 orang anggota DPR, ada 13 orang yang tidak mendaftar kembali. Mereka memutuskan mundur karena faktor usia dan kesehatan," jelasnya.

Masih kata Andi, semua caleg yang maju telah diseleksi oleh Fraksi Partai Demokrat. Menurutnya, artis dari Partai Demokrat yang maju kembali mempunyai kapasitas dan mampu menjalankan tugas pokoknya sebagai anggota legislatif.

"Kita meminta penilaian bakal caleg dan kinerja mereka oleh ketua fraksi Partai Demokrat. Secara umum artis-artis ini juga telah menjalankan tupoksinya," pungkasnya.
(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »