Dengan UKT, Biaya Kuliah Jadi Lebih Murah Lho

|

Ilustrasi : Okezone

Dengan UKT, Biaya Kuliah Jadi Lebih Murah Lho

JAKARTA - Polemik mengenai penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) terus bermunculan. Terutama di kalangan mahasiswa yang akan merasakan langsung penerapan UKT tersebut.

Mencoba memberikan penjelasan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo hadir sebagai pembicara di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dalam paparannya, Patdono menyebut, tujuan penetapan sistem UKT agar biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa dari tahun ke tahun semakin menurun.

"Harus ada pemikiran yang dewasa dari semua elemen dalam menghadapi kebijakan ini. Tahun ini merupakan tahun transisi yang disebabkan karena adanya kebijakan-kebijakan baru tentang perguruan tinggi," urai Patdono, seperti dinukil dari ITS Online, Sabtu (4/5/2013).

Dia mengimbau agar mahasiswa tidak perlu khawatir jika sistem tersebut akan memberatkan mereka. Sebab, penerapan UKT tergantung pada ekonomi mahasiswa. Selain itu, jenis jurusan dan perguruan tinggi juga turut mempengaruhi besarnya UKT.

"Sistem UKT ini merupakan suatu upaya untuk mewujudkan biaya kuliah yang murah di perguruan tinggi seluruh negeri. Dengan sistem ini, mahasiswa sudah tidak akan dikenakan lagi biaya gedung, praktikum, atau biaya tambahan lainnya. Ini berbeda dengan yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya," tambahnya.

UKT, lanjutnya, merupakan biaya sisa yang harus dikenakan kepada mahasiswa. Awalnya, sistem kuliah yang diatur di UU adalah biaya kuliah tunggal. Namun, biaya itu menjadi lebih murah ketika sudah dibantu oleh dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi (BOPTN). "Jadi UKT itu ya biaya kuliah tunggal dikurangi BOPTN. Itu sisanya dan tidak mahal," kata Patdono.

Patdono berharap agar mahasiswa tidak selalu berburuk sangka dengan UKT. Pasalnya, UKT merupakan sebuah sistem yang sudah dirumuskan dengan baik oleh pemerintah guna mensejahterakan anak didik di negeri ini.

(mrg)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ini Dia Lampu Natal Terbanyak Sedunia