Sssttt... Ada Bakal Caleg yang Tidak Sehat Rohani

|

(Ilustrasi, Okezone)

Sssttt... Ada Bakal Caleg yang Tidak Sehat Rohani
BANDUNG - Seorang bakal calon anggota legislatif (caleg) DPRD Jawa Barat diketahui tidak sehat rohani. Hal itu diketahui dari hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Jabar terhadap berkas daftar calon sementara (DCS).

“Dari surat keterangan kesehatan yang disampaikan ke kita, ketahuan yang bersangkutan tidak sehat rohani. Bakal caleg ini perempuan dari Partai Demokrat,” kata Ketua Pokja Pencalonan KPU Jabar, Achmad Herry, di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2013).

Dia mengaku tidak mengetahui persis yang dimaksud dengan tidak sehat rohani sebagaimana ditulis di surat keterangan tersebut. Meski tidak sehat rohani, dari segi jasmani yang bersangkutan dinyatakan sehat.

Terkait hal itu, KPU belum mengambil langkah tegas apakah akan mendiskualifikasinya atau tidak. “Nanti kami lihat dan koordinasikan dulu dengan dokter spesialis kejiwaan,” ucapnya.

Jika dari keterangan dokter spesialis kejiwaan menyatakan yang bersangkutan layak ikut pileg, KPU akan meloloskannya. Itu pun tergantung persyaratan lain apakah memenuhi syarat atau tidak.

“Untuk kepastian yang bersangkutan bisa lolos atau tidak, itu baru bisa diketahui setelah masa perbaikan berkas selesai,” jelas Herry.

Sementara itu, secara umum, dari hasil verifikasi berkas DCS banyak kandidat yang belum memenuhi persyaratan administrasi, seperti salinan ijazah yang tidak dilegalisir, tidak adanya surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan rumah sakit milik pemerintah, hingga perbedaan nama di KTP dan daftar riwayat hidup.

KPU sudah mengirimkan undangan kepada masing-masing parpol untuk datang ke Kantor KPU Jabar siang ini. KPU akan memberikan hasil verifikasi administrasi pada parpol dan memberitahukan apa saja berkas yang harus diperbaiki. Masa perbaikan berkas DCS berlangsung dari 9 hingga 22 Mei 2013.
(ton)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Try Sutrisno Batal Jenguk Habibie