Bencana Pergeseran Tanah di Majalengka Pertama Kali di Indonesia

|

Jalan ambles di Cigintung (Foto: Iman Herdiana/Okezone)

Bencana Pergeseran Tanah di Majalengka Pertama Kali di Indonesia

MAJALENGKA - Petugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi pergerseran tanah di Blok Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pergeseran tanah itu merusak sekira 600 rumah, ratusan hektare lahan pertanian, dan jalan sepanjang tiga kilometer.

Direktur Penanganan Pasca-Bencana BNPB, Pudji Raharjo, Selasa (7/5/2013), mengatakan, bencana alam di Majalengka yang merusak rumah warga, jalan, dan lahan persawahan, merupakan peristiwa yang unik dan pertama kali terjadi di Indonesia.

”Banyaknya rumah warga yang rusak dan jalan serta sawah merupakan peristiwa yang pertama kali di Indonesia dan satu-satunya bencana alam yang unik,” ungkap Pudji.

Pergeseran tanah sejak tiga pekan terakhir menyebabkan dinding ratusan rumah retak dan ambruk. Rumah-rumah tersebut tidak layak lagi dihuni. Selain itu, tanah di lahan pertanian merekah dan ambles hingga tiga meter. Demikian pula jalan desa ambles sehingga tidak bisa dilintasi.

Memasuki pekan keempat, jumlah rumah yang ambruk semakin bertambah. Bencana ini memaksa ribuan warga harus mengungsi. Ribuan warga di Cimuncang dan desa lain di Kecamatan Malausma juga akan direlokasi. (ton)

(mbs)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Selamat Hari Ibu..