Pasukan Suriah Rebut Kekuasaan dari Oposisi

|

Militer Suriah (Foto: Reuters)

Pasukan Suriah Rebut Kekuasaan dari Oposisi
DAMASKUS - Pasukan Pemerintah Suriah berhasil merebut kekuasan sebuah kota di wilayah selatan Suriah dari tangan pasukan oposisi. Kota tersebut terus menerus dihantam serangan oleh pihak pemerintah selama dua bulan terakhir.

Penguasaan yang dilakukan oleh pasukan Suriah membuat keuntungan besar bagi Presiden Bashar Al-Assad. Lewat penguasaan ini, pasukan Assad berhasil meraih kendali atas rute transit internasional. Demikian diberitakan Reuters, Rabu (8/5/2013).

Kejatuhan wilayah Khirbet Ghazaleh yang berada di Dataran Hauran, terjadi setelah oposisi Suriah gagal untuk memasok senjata kepada pejuang yang berusaha mempertahankan wilayah yang berbatasan dengan pihak Yordania.

Kondisi ini membuat pihak oposisi meradang. Mereka mengeluhkan kurangnya dukungan dari Yordania, dalam upaya untuk melengserkan kekuasaan keluarga Assad dan almarhum ayahnya yang sudah berlangsung selama empat dekade.

Dataran Hauran yang termasuk dalam wilayah Dataran Tinggi Golan, adalah lokasi awal revolusi perlawanan terhadap Assad. Perlawan muncul di kota Deraa pada Maret 2011 silam.

Pasukan oposisi yang melakukan perlawanan di bawah bendara Free Syrian Army (FSA) memotong jalur ke Yordania dua bulan lalu. Tetapi menghalangi pergerakan pasukan Assad, tergantung dari seberapa kuat pihak FSA menguasai Khirbet Ghazaleh yang menghubungkan kota Deraa. (faj)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Try Sutrisno Batal Jenguk Habibie