Siapa di Balik Yuki Irawan Si Bos Kuali?

|

Dokumentasi RCTI

Siapa di Balik Yuki Irawan Si Bos Kuali?

JAKARTA – Tindak kekerasan dan perbudakan buruh pabrik kuali di Tangerang, Banten, membuat Kepala Departemen Aliansi Serikat Pekerja Tangerang, Ernawati, geram. Pasalnya, Yuki Irawan (41) selaku pemilik pabrik, memiliki harta yang sangat berlimpah, bahkan mampu membayar aparat untuk mengamankan usahanya itu.  

 

“Itu sangat perlu diungkap. Karena masalah itu bukan hanya menyangkut pada kepolisian saja, tetapi juga pemerintah dalam hal ini Kemenakertrans, ternyata tidak bisa mengawasi para pengusaha-pengusaha,” ujar Ernawati kepada Okezone, Rabu (8/5/2013).

 

Karena itu, Ernawati menuntut agar pemerintah dapat memperoleh bukti dan mencari data-data yang valid terkait siapa sebenarnya Yuki Irawan.

 

“Sebab, menurut saya, ini bukan hanya terjadi di Tangerang saja. Hal ini sangat mungkin terjadi di daerah-daerah lain. Karena saat ini kan banyak perusahaan yang meminta penagguhan upah layak, dan pabrik kuali ini salah satu yang melakukan kecurangan. Bahkan melakukan penyiksaan,” terangnya.

 

Bahkan, dirinya menduga kuat Yuki memiliki jaringan dengan pengusaha lain selain dengan aparat kepolisian untuk mengamankan aksi bejatnya.

 

“Saya yakin dia punya jaringan di luar sana yang melakukan hal yang sama seperti dilakukannya. Pemerintah harus segera mengungkap,” tandasnya.

 

Saat melakukan penggrebekan di pabrik pembuatan kuali ilegal di Kampung Bayur Kopak, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, polisi menemukan enam pekerja yang disekap dalam sebuah bilik gelap dan pengap,

 

Selain enam orang disekap, polisi juga menemukan empat pekerja di bawah 17 tahun dengan kondisi tidak terawat dan mengenakan pakaian compang camping. Bahkan dari 25 pekerja, 17 di antaranya, selama dua bulan tidak menerima gaji.

 

 

 

(teb)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pasek Bertekad Hapus Stigma Partai Keluarga di Demokrat