KPU Jateng Akan Ganti Kertas Suara Pilgub yang Rusak

Ilustrasi

KPU Jateng Akan Ganti Kertas Suara Pilgub yang Rusak
SEMARANG - Ribuan surat suara Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang sudah didistribusikan ke sejumlah daerah rusak. Menyikapi hal itu, KPU Provinsi Jateng mengaku belum menerima laporan, namun siap mengganti dengan surat suara yang baru.

Ketua KPU Jateng, Fajar Saka, mengatakan, seluruh surat suara sudah 100 persen didistribusikan ke kabupaten dan kota. Petugas di daerah masih melakukan penyortiran surat suara yang telah diterima.

"Saat ini seluruh KPU kabupaten/kota sudah menerima surat suara, dan masih dilakukan penyortiran. Belum ada laporan resmi dari kabupaten/kota, berapa surat suara yang rusak," ujarnya.

Fajar memastikan pihaknya akan mengganti semua surat suara yang rusak sehingga dapat memenuhi kebutuhan saat pencoblosan pada 26 Mei 2013. "Kalau ditemukan surat suara yang rusak seperti berlubang, sobek, atau terdapat tinta di gambar salah satu cagub maka akan dilakukan penggantian sesuai kesepakatan dengan rekanan," ujarnya.

Fajar menambahkan, KPU Jateng menyiapkan sebanyak 28,5 juta surat suara untuk pesta demokrasi lima tahunan sekali tersebut. "Jumlah sesuai dengan daftar pemilih tetap yakni sebanyak 27, 3 juta yang ditambah 2,5 persen surat suara cadangan," ujarnya.

Seperti diberitakan, KPU Kabupaten Karanganyar menerima sedikitnya 2.000 lembar surat suara rusak pada Sabtu, 4 Mei 2013. Kemungkinan jumlah surat suara yang rusak bakal bertambah hingga penyortiran rampung. (ris)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Anak Bupati Karawang Bantah Ortunya Lakukan TPPU